Analisa Vigo: Kepergian Mbappe ke Real Madrid Bahaya Untuk PSG, Prancis, Hingga Emmanuel Macron
Sumber: Detik Sport

Analisa Vigo: Kepergian Mbappe ke Real Madrid Bahaya Untuk PSG, Prancis, Hingga Emmanuel Macron

Muhammad Ilham - March 6, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBerita Bola – Kepergian Kylian Mbappe ke Real Madrid nampaknya tinggal menunggu waktu saja. Namun, transfer tersebut bisa menjadi tanda bahaya untuk Paris Saint-Germain (PSG), Prancis sebagai sebuah negara, dan Emmanuel Macron selaku Presiden.

Setelah tujuh musim membela raksasa Paris, kemungkinan besar Mbappe akan menutup buku bersama PSG di akhir musim mendatang. Dirinya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 30 Juni 2024.

Real Madrid menjadi salah satu destinasi paling besar dirumorkan untuk Kylian Mbappe melanjutkan kariernya. Keinginannya untuk bisa membela Los Blancos memang sudah lama terjadi, bahkan sebelum memperpanjang kontrak dengan Les Parisiens.

Jika transfer tersebut memang terjadi, maka ini bisa membahayakan PSG karena ia ditinggalkan salah satu pemain tersubur mereka. Namun, tidak hanya itu, Prancis sebagai sebuah negara pun juga ikut kena dampaknya dari kepergian Mbappe ke Real Madrid.


Baca Juga:


Perihal PSG, tentu kepergian Mbappe menimbulkan kekosongan yang sangat besar di jantung permainan. Bagaimana tidak, dari statistik Transfermarkrt, Mbappe sudah mengoleksi 246 gol dan 105 assist dari 294 laganya untuk Les Parisiens.

Analisa Vigo: Kepergian Mbappe ke Real Madrid Bahaya Untuk PSG, Prancis, Hingga Emmanuel Macron
Sumber: Detik Sport

Kehadirannya di skuad terbaik Ibukota Paris tersebut membuat sang Presiden Prancis, Emmanuel Macron, jatuh cinta. Pada Rabu (28/2) yang lalu, Mbappe bahkan mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti perjamuan makan malam dengan Macron, Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, dan Raja Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Selain permainannya, The Athletic juga melaporkan jika kehadiran Mbappe berpengaruh besar terhadap perpolitikan Prancis dan Qatar. Mbappe menjadi salah satu bentuk diplomasi sepakbola antara Prancis dan Qatar.