Track Record Jesus Gil Manzano, Wasit El Clasico Akhir Pekan Ini
Jesus Gil Manzano, Foto: dok Twitter @FCBNOTICIAS

Track Record Jesus Gil Manzano, Wasit El Clasico Akhir Pekan Ini

A Hendra - October 26, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – LaLiga – Perangkat pertandingan untuk laga El Clasico jilid I antara Barcelona vs Real Madrid akhir pekan ini sudah diumumkan. Operator LaLiga Spanyol secara resmi menunjuk Jesus Gil Manzano sebagai pengadil di lapangan.

Jesus Gil Manzano adalah wasit asal Don Benito, di provinsi Badajoz, Extremadura yang tercatat sudah memimpin 10 pertandingan di LaLiga Spanyol sedari awal musim 2023/2024 ini. Dari 10 laga tersebut, Gil Manzano sudah sempat jadi pengadil di lapangan untuk pertandingan yang melibatkan Real Madrid.

Saat itu, Gil Manzano dipercaya memimpin duel Real Madrid vs Athletic Bilbao di pekan perdana Liga Spanyol yang berkesudahan 2-0 untuk kemenangan Los Blancos. Dirangkum dari Transfermarkt, dari total 10 pertandingan yang sudah dipimpinnya di LaLiga musim ini, Gil Manzano sudah mengeluarkan 24 kartu kuning tanpa satu pun kartu merah.

Track Record Jesus Gil Manzano, Wasit El Clasico Akhir Pekan Ini
Jesus Gil Manzano, Foto: dok Goal

Catatan ini seakan menegaskan bahwa wasit berusia 39 tahun tersebut lumayan gampang menghadiahi para pemain yang terbukti nakal di lapangan dengan kartu kuning. Ada pun Barcelona dan Real Madrid sejatinya bukanlah tim yang asing buat Gil Manzano.

Dikutip dari Mundo Deportivo, Manzano sudah 36 kali memimpin pertandingan Barcelona di LaLiga. Dari jumlah sebanyak itu, Blaugrana meraih kemenangan 22 kemenangan, dengan 7 kali seri dan 7 kali kalah. Jika diperinci lagi, dalam 36 laga Barca yang dipimpinnya, Manzano total mengeluarkan 85 kartu kuning dengan 6 kartu merah.


Baca Juga:


Sementara itu, Real Madrid telah 47 kali menjalani pertandingan yang diwasiti Manzano, di mana ada 37 kemenangan yang berhasil dicapai Madrid, dengan 5 kali seri dan hanya 5 kali kalah. Dengan Madrid, Manzano mengeluarkan seanyak 86 kartu kuning dengan cuma ada satu kartu merah.

Khusus untuk laga El Clasico akhir pekan ini, bakal jadi yang ketiga kalinya Gil Manzano dipercaya memimpin duel sarat gengsi itu. Di dua edisi El Clasico sebelumnya di mana Gil Manzano sebagai wasit selalu berakhir dengan kemenangan untuk Real Madrid.

Rinciannya, Los Blancos menang 3-1 atas Barca di pekan ke-9 LaLiga musim 2014/2015, dan terakhir pada pekan ke-30 LaLiga musim 2020/2021, di mana El Real menumpas Blaugrana dengan skor 2-1. Namun yang menarik adalah dua kemenangan Madrid tersebut dengan Gil Manzano sebagai wasit diraih saat Los Blancos bermain di kandang sendiri, Santiago Bernabeu.

Selalu update kabar terbaru seputar LaLiga hanya di Vivagoal.com