Cristian Gonzalez Anggap Timnas Indonesia Masih Butuh Sosok Pemain Senior

Taufik Hidayat - January 23, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaTimnas Indonesia berstatus tim dengan rata-rata umur termuda di putaran final Piala Asia 2023. Meski begitu, Skuad Garuda dianggap masih membutuhkan peran pemain senior.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang membuat gebrakan sejak menjabat pada akhir 2019. Ia berani menyingkirkan pemain senior dan berpengalaman demi memberi tempat kepada darah muda.

Keputusan tersebut sempat menuai polemik. Namun Shin Tae-yong tetap konsisten dengan pilihannya hingga kini tinggal memetik hasil.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

Cristian Gonzalez kagum dengan kinerja yang ditunjukkan Shin Tae-yong. Level permainan Timnas Indonesia memang meningkat drastis.

Namun El Loco menilai peran pemain senior masih dibutuhkan. Hal ini bisa memecahkan masalah dari lini depan yang masih kurang bertaji.


Baca Juga:


“Mereka masih muda, harus ada orang yang support mereka, bicara sama mereka bagaimana main,” kata Gonzalez.

“Kita sekarang lihat di Timnas tidak ada pemain yang berpengalaman atau senior yang bisa berbicara dengan pemain, itu perlu.”

Shin Tae-yong sebenarnya tidak anti dengan pemain senior. Buktinya, ia masih membawa Adam Alis, Marc Klok, dan Jordi Amat yang memasuki kepala tiga.

Timnas Jepang Gelar Rapat Serius Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Sumber: PSSI

Namun Shin Tae-yong suka pesepakbola berdaya juang tinggi. Atribut tersebut lebih dimiliki para pemain muda.

Namun pandangan Gonzalez juga cukup masuk akal. Para pemain senior yang lebih banyak pengalaman bisa berperan sebagai mentor.

“Seharusnya selalu ada (pemain senior) di tim, mungkin dua atau tiga pemain. Walaupun mereka tidak main, tapi harus ada di tim untuk bisa kasih semangat, dan motivasi,” tutupnya.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com