Inilah Perbedaan Gaya Bermain Bayern Munich dan Dortmund Menurut Raphael Guerreiro
Sumber: Twitter @FCBayernEN

Inilah Perbedaan Gaya Bermain Bayern Munich dan Dortmund Menurut Raphael Guerreiro

Muhammad Ilham - March 26, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBundesliga – Mantan Borussia Dortmund, Raphael Guerreiro, saat ini berseragam Bayern Munich. Menurutnya, terdapat perbedaan gaya permainan antarkedua tim terbesar di Jerman tersebut, dan itu bisa saja terjadi di der Klassiker.

Derby der Klassiker akan terjadi di spieltag ke-27 Bundesliga 2023/24 antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Ini adalah pertemuan kedua mereka setelah sebelumnya die Roten sukses menghajar die Borussen 4-0 di pertemuan pertamanya.

Namun, kali ini, der Klassiker akan terasa berbeda karena Bayern Munich tidak berada di puncak klasemen, sedangkan Dortmund tidak mengekor dibelakang mereka. Tidak hanya, itu, menurut Raphael Guerreiro, pertemuan ini akan terasa asing baginya.

Di tujuh musim sebelumnya, Guerreiro membela Dortmund. Namun, di musim ini, Guerreiro justru membelot dari Dortmund ke Bayern Munich, seperti yang dilakukan para pendahulunya yaitu Robert Lewandowski, Mats Hummels, dan Mario Gotze.

Setelah bermain untuk kedua tim, Raphael Guerreiro merasa ada perbedaan gaya permainan dari kedua tim. Dilansir dari rilis resmi Bundesliga yang didapatkan Vivagoal, Dortmund tidak sering membangun permainan dari belakang, sedangkan Bayern Munich lebih terkontrol.


Baca Juga:


“Dortmund punya beberapa isu musim ini perihal membangun permainannya. Mereka lebih memilih untuk bermain secara langsung, dibandingkan melewati beberapa fase. Mereka tidak selalu mampu mempertahankan penguasaan bola di lini depan dan kemudian mengulang arah bolanya,” kata Guerreiro.

“Sedangkan, gaya permainan kami (Bayern Munich) lebih terkontrol, kami suka menguasai bola. Meskipun dalam beberapa pertandingan kami senang untuk duduk dan membiarkan tim lain menguasai bola,” tambahnya.

Inilah Perbedaan Gaya Bermain Bayern Munich dan Dortmund Menurut Raphael Guerreiro
Sumber: Twitter @FCBayernEN

Meskipun begitu, Guerreiro enggan meremehkan Dortmund. Menurutnya, die Borussen tetaplah tim yang berbahaya karena memiliki pemain-pemain dengan kualitas individu yang hebat, salah satunya Donyell Malen.

“Tentu saja, Donyell Malen sedang dalam performa terbaiknya saat ini. Jadi, mereka menawarkan ancaman nyata dan memiliki banyak pemain eksplosif,” ucap Guerreiro.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com