Philippe Troussier Lontarkan Kritik Pedas pada Media Vietnam
Philippe Troussier pada press conference pra laga Indonesia vs Vietnam, Rabu (20/3) sore WIB Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Philippe Troussier Minta Pemain Vietnam Tak Takut Hadapi Lemparan Pratama Arhan

Taufik Hidayat - March 25, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaPhilippe Troussier sangat mewaspadai lemparan ke dalam Pratama Arhan. Namun ia meminta para pemain Timnas Vietnam tak perlu takut menghadapinya.

Vietnam akan menjamu Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Selasa (26/3). Kedua tim tengah bersaing sengit untuk mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

Pada laga sebelumnya, Kamis (21/3) kemarin, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Garuda dicetak Egy Maulana Vikri yang berawal dari lemparan ke dalam Vietnam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

Menariknya, itu bukan kali pertama gawang Vietnam asuhan Troussier dibobol dari skema lemparan ke dalam. Hal yang sama juga terjadi saat Timnas U-23 kedua tim berduel pada semifinal SEA Games 2022.

Tak heran jika Troussier sangat mewaspadai skema lemparan ke dalam ini. Ia bahkan sudah memikirkan cara mengantisipasinya.


Baca Juga:


“Sebelum leg pertama, saya juga berbincang dengan beberapa anggota tim Jepang karena mereka sempat kebobolan dengan cara seperti itu (lemparan ke dalam) dari Indonesia,” kata Troussier.

“Besok jika pemain mereka yaitu Arhan masuk ke lapangan, kami akan bersiap. Kami akan mencoba menangani situasi seperti ini dengan baik.”

Troussier memang sudah memikirkan cara ampuh untuk mengantisipasi skema ini. Namun ia melihat faktor lain yang dapat menjadi pembeda.

PRATAMA ARHAN
Pratama Arhan (Vivagoal/Amirul Mukmin)

Troussier tak mau para pemain Vietnam merasa trauma menghadapi lemparan ke dalam Arhan. Maka dari itu, ia turut membenahi mentalitas Nguyen Tien Linh dan kawan-kawan.

“Saya ingin para pemain tidak goyah, tidak takut dengan situasi lemparan ke dalam. Di leg pertama, pemain saya hanya melakukan kesalahan pada situasi itu,” tambahnya.

“Sebelumnya, banyak situasi lemparan ke dalam Indonesia yang kita antisipasi di Piala Asia 2023. Hanya dengan satu kesalahan individu, gol pun tercipta.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com