Shin Tae-yong Ingin Buktikan Indonesia Bisa Permalukan Vietnam di Hanoi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Shin Tae-yong Ingin Buktikan Indonesia Bisa Permalukan Vietnam di Hanoi

Muhammad Ilham - March 22, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaTimnas Indonesia mengusung misi berat ketika menghadapi Timnas Vietnam di kandang mereka, My Dinh Stadium, Hanoi, yaitu meruntuhkan rekor tidak pernah menang selama hampir 20 tahun. Untuk itu, pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong, berniat untuk membuktikkan jika timnya bisa menang.

Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana di grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kemenangan tersebut semakin indah karena didapatkan kontra rival terberatnya, Timnas Vietnam.

Pada laga yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB, Indonesia sukses menang dengan skor tipis 1-0. Gol Egy Maulana Vikri di menit ke-51 jadi penyelamat skuad Garuda di laga tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

Namun, Indonesia tidak boleh terlena dengan kemenangan ini terlalu lama. Pasalnya, mereka harus segera fokus untuk pertemuan kedua kontra Vietnam, Selasa (26/3) malam WIB. Kali ini, tugas akan semakin berat karena tampil di My Dinh Stadium, Hanoi.

Selain bermain di markas lawan, Indonesia punya catatan buruk ketika tampil di Hanoi. Skuad Garuda tidak pernah menang melawan Vietnam ketika bermain di Hanoi.


Baca Juga:


Terakhir mereka menang pada Piala AFF 2004 dengan skor 3-0, yang artinya hampir 20 tahun yang lalu. Untuk itu, Shin Tae-yong berniat membuktikkan jika Indonesia saat ini memiliki kesempatan untuk menang di Hanoi.

“Timnas Indonesia memang tidak pernah menang di Hanoi (terakhir menang Piala AFF 2004). Kalau begitu, kali ini saya akan membuktikan Timnas Indonesia bisa menang di pertemuan kedua nanti,” kata Shin Tae-yong pada saat konferensi pers usai laga.

Shin Tae-yong Ingin Buktikan Indonesia Bisa Permalukan Vietnam di Hanoi
Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam, Kamis (21/3) malam WIB, di SUGBK, Jakarta.
Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Shin Tae-yong meminta agar anak asuhnya bisa fokus sejak awal hingga akhir pertandingan. Selain itu, mental dan pemikiran skuad Indonesia soal bermain di Hanoi sulit harus diubah agar bisa menang.

“Kita sudah ngobrol sama semua pemain, bahwa kita harus mengubah pemikiran dan mental kita bahwasanya kalau bermain di Hanoi itu tidak segampang itu. Kita harus fokus pada pertandingan selanjutnya dan kita harap bisa menampilkan permainan terbaik,” tambahnya.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat kedua grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase kedua dengan empat poin. Sementara itu, Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com