Timnas Mesir Tersingkir di 16 Besar Piala Afrika 2023, Rui Vitoria Dipecat
Sumber: Sky Sports

Timnas Mesir Tersingkir di 16 Besar Piala Afrika 2023, Rui Vitoria Dipecat

Catrine Mega - February 5, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal โ€“ Berita Bola โ€“ Asosiasi Sepakbola Mesir (EFA) resmi memecat Rui Vitoria setelah hasil mengecewakan di Piala Afrika 2023. Menargetkan gelar kedelapan, Timnas Mesir justru tersingkir di babak 16 besar dari tangan Timnas Kongo.

Sejak babak penyisihan grup, Vitoria sudah gagal menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk Timnas Mesir. Kehilangan Mo Salah yang terpaksa kembali ke Liverpool lebih cepat akibat cedera, The Pharaohsย hanya mampu bermain imbang di empat pertandingan yang dilakoninya.

Timnas Mesir Tersingkir di 16 Besar Piala Afrika 2023, Rui Vitoria Dipecat
Sumber: The Guardian Nigeria

Pada babak 16 besar lalu, Mesir gagal memenangkan adu penalti dengan Kongo dan terpaksa angkat koper dari Pantai Gading. Ini jadi kekalahan pertama Vitoria selama 21 bulan menjabat, namun hasil negatif di Piala Afrika menyebabkan sang pelatih kehilangan pekerjaan.

“Terima kasih kepada Rui Vitoria dan seluruh stafnya. Setelah menggelar rapat untuk mendiskusikan pencapaian tim nasional di Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, para petinggi Egyptian Football Association memutus untuk mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Portugal Rui Vitoria,” demikian pernyataan yang dikeluarkan EFA, dilansir dariย ESPN.


Baca juga:


Untuk sementara waktu, EFA akan menugaskan Mohamed Youssef yang juga merupakan pelatih Al Ahly untuk menangani Timnas Mesir. EFA menyatakan sedang mencari pelatih asing baru yang akan segera menjabat sebagai suksesor Vitoria.

“Kami sedang mempelajari biografi beberapa pelatih asing dan mereka akan diperkenalkan pada rapat berikutnya. Seorang direktur teknik asing juga akan ditunjuk, diikuti dengan pembentukanย staff.”

Tahun lalu, Timnas Mesir sukses melaju hingga partai final Piala Afrika. Sayangnya langkahย The Pharaohsย memenangkan trofi digagalkan Senegal. EFA jelas berharap Vitoria bisa membalas kegagalan tahun lalu, namun hasil tak terduga justru ditelan Timnas Mesir.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com