Tangan Dingin Andoni Iraola Bangkitkan Bournemouth yang Sempat Goyah
Andoni Iraola, Foto: dok Twitter @israel_iniguez

Tangan Dingin Andoni Iraola Bangkitkan Bournemouth yang Sempat Goyah

A Hendra - December 27, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Tangan dingin Andoni Iraola mulai mampu membangkitkan Bournemouth yang sempat limbung di awal musim. Statistiknya pun tak main-main, sekaligus mulai merangkak dari papan bawah klasemen Liga Inggris musim ini.

Andoni Iraola ditunjuk sebagai manajer anyar Bournemouth pada awal musim 2023/2024. Ia masuk menggantikan Gary O’Neil yang dipecat karena dianggap berkinerja buruk. Namun posisi Iraola sebetulnya sempat terancam setelah Bournemouth tanpa kemenangan di sembilan pertandingan pertama Liga Inggris.

Rinciannya, enam kekalahan dan tiga hasil imbang. Setelah berhasil meraih kemenangan perdananya di pekan ke-10 Liga Inggris atas Burnley, Bournemouth mengalami anti klimaks usai digilas Manchester City 1-6 di pekan berikutnya.

Tangan Dingin Andoni Iraola Bangkitkan Bournemouth yang Sempat Goyah
Bournemouth, Foto: dok Twitter @OptaJoe

Namun memasuki gameweek ke-12 Premier League, sentuhan tangan dingin Andoni Iraola pelan-pelan membangkitkan Bournemouth yang sempat terpuruk di zona degradasi. Bournemouth dibawah komando pelatih asal Spanyol tersebut mulai tampil menggila.

Dari 7 laga berikutnya di Liga Inggris, Bournemouth tak sekalipun menderita kekalahan, di mana 6 di antaranya disapu bersih dengan kemenangan dan cuma sekali seri. Rangkaian laju mantap itu membuat Bournemouth jadi tim dengan jumlah poin terbanyak dalam tujuh laga terakhir di Liga Inggris, yakni 19 poin.


Baca Juga:


Makin mengesankan karena ada 18 gol yang berhasil dicetak dari tujuh aksi terakhirnya di Liga Inggris, paling tajam dari semua kontestan Liga Inggris musim ini. Tak cuma itu, Bournemouth juga hanya kemasukan 5 gol dalam rangkaian laju tak terkalahkannya itu.

Pencapaian Andoni Iraola begitu sensasional karena dari sederet kemenangan tersebut, salah satunya diraih atas tim sekelas Manchester United (3-0). Bahkan, Newcastle United yang merupakan tim Liga Champions juga tak berdaya di hadapan Bournemouth yang dilibas dengan skor 2-0.

Teranyar, ada Fulham yang menjadi korban berikutnya Bournemouth usai dibantai dengan skor 3-0 di Vitality Stadium, Rabu (27/12) dinihari WIB. Alhasil, dengan performa mantap itu, Bournemouth kini berhasil menembus 10 besar dengan 25 poin, unggul 3 angka dari Chelsea yang ada di peringkat ke-11.

“Ada banyak hal kecil yang bikin kami klik sekarang. Kami sudah saling mengenal satu sama lain lebih baik. Semua mau maju. Ada persaingan dari para pemain untuk masuk tim inti. Saya semakin susah saja menentukan susunan tim, tapi ini bagus untuk tim,” ujar Iraola seperti dikutip BBC Sport.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com