Javier Tebas Kembali Ditunjuk sebagai Presiden LaLiga
Sumber: LaLiga

Javier Tebas Kembali Ditunjuk sebagai Presiden LaLiga

Catrine Mega - December 13, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa LigaJavier Tebas kembali resmi ditunjuk sebagai presiden LaLiga untuk periode kepemimpinan empat tahun ke depan. Ini jadi kali keempat Tebas terpilih sebagai presiden LaLiga.

Komisi Pemilihan Umum Liga Nacional de Futbol Profesional (LaLiga) mengeluarkan pernyataan resmi terkait pemilihan Tebas pada Selasa (12/12) kemarin. Dilansir dari rilis remsi LaLiga, penunjukkan ini diresmikan tanpa Sidang Luar Biasa karena Javier Tebas jadi satu-satunya kandidat sah untuk mengisi posisi tersebut.

Javier Tebas Kembali Ditunjuk sebagai Presiden LaLiga
Sumber: LaLiga

Tebas pertama kali ditunjuk sebagai presiden LaLiga pada Mei 2013 lalu. Setelah itu berturut-turut Tebas kembali ditunjuk sebagai presiden pada tahun 2016 dan 2019.

Sebelum mencalonkan diri, Tebas mengundurkan diri dari tugasnya sebagai presiden LaLiga pada Rabu (22/11) lalu. Keputusannya untuk mundur merupakan bagian dari rencana pria 61 tahun itu untuk kembali mencalonkan diri sebagai kandidat presiden.


Baca juga:


Tebas sudah banyak berkontribusi dalam memajukan sepakbola Spanyol, baik dari sisi ekonomi hingga sistem pertandingan. Ia juga berkontribusi dalam mereformasi sentralisasi hak siar televisi sepakbola Spanyol. Sebelumnya hak siar tersebut dipegang secara individu oleh masing-masing klub.

Meski sudah satu dekade berposisi sebagai presiden LaLiga, Tebas kerap bersitegang dengan petinggi Barcelona dan Real Madrid. Sampai hari ini, Tebas masih mengkritisi keputusan dua raksasa Spanyol tersebut yang menyetujui pagelaran European Super League.

Tebas sendiri sudah mengakui niatnya untuk kembali mencalonkan diri sebagai kandidat presiden LaLiga. Meski Real Madrid dan Barcelona tak mendukung Tebas untuk kembali menjabat, Tebas menerima dukungan dari klub-klub lain.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com