Obrolan Vigo: Ailton, Striker Gemuk Werder Bremen yang Mirip Lucky Roux One Piece

Obrolan Vigo: Ailton, Striker Gemuk Werder Bremen yang Mirip Lucky Roux One Piece

Muhammad Ilham - August 31, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBerita Bola – Dahulu, SV Werder Bremen punya striker gendut, pemalas, namun pintar dan ahli dalam mencetak gol, yakni Ailton. Secara fisik dan perilaku, Ailton mirip dengan tangan kanan Akagami Shanks yang ada di One Piece.

Di Bundesliga 2023/24, Werder Bremen menjadi bulan-bulanan tim lain. Dari dua pertandingan yang telah mereka jalani, die Werderaner sudah kebobolan lima kali tanpa sekalipun mencetak gol. Hal tersebut semakin diperparah dengan tersingkirnya mereka dari putara pertama DFB-Pokal oleh tim kasta ketiga, Viktoria Koln 1904.

Rentetan hasil buruk ini nampaknya sudah terjadi sejak musim 2010/11 saat Werder Bremen masih ditukangi Thomas Schaaf. Padahal, sejak era Bundesliga 1981/82, die Werderaner menjadi salah satu tim papan atas.

Mereka juga memproduksi pemain-pemain bertalenta seperti Mesut Ozil, Miroslav Klose, Per Mertesacker, Serge Gnabry, Marko Marin, Claudio Pizzaro, dan Angelos Charisteas. Namun, Werder Bremen saat ini seakan-akan menjadi tim papan bawah.

Tetapi, Werder Bremen pernah melahirkan sebuah sejarah di Bundesliga musim 2003/04. Mereka berhasil meruntuhkan dominasi Bayern Munich yang saat itu masih dibela nama-nama besar seperti Roy Makaay dan Oliver Kahn.

Tim yang bermarkas di Wesser Stadium tersebut mampu menjuarai Bundesliga 2003/04 serta DFB-Pokal dengan skuad seadanya. Menariknya, prestasi tersebut tidak lepas dari striker mereka saat itu, yakni Ailton.


Baca Juga:


Ailton diboyong oleh Werder Bremen dari Tigres UANL pada 1998 seharga 2,75 juta euro. Tentunya keputusan Werder Bremen untuk memboyong Ailton sangat menarik lantaran sang pemain memiliki berat 78-80 kg dan tinggi hanya 177 cm.

Selain itu, saat itu Werder Bremen diisi oleh striker mumpuni yaitu Claudio Pizzaro. Namun, saat Pizzaro memutuskan untuk hengkang ke Bayern Munich pada 2001, Thomas Schaaf harus bertumpu dengan Ailton.

Obrolan Vigo: Ailton, Striker Gemuk Werder Bremen yang Mirip Lucky Roux One Piece
Sumber: Twitter @werderbremen_en

Ia menujukkan kepandaiannya dalam mencetak gol pada musim 2001/02. Saat itu, Ailton mencetak 16 gol dan enam assist dari 33 laga. Torehan tersebut kembali ia berikan pada musim 2002/03, di mana Ailton mampu mencetak 16 gol dan tujuh assist dari 31 pertandingan.

Musim selanjutnya, Ailton semakin menggila. Ia berhasil mencetak 28 gol dan delapan assist dari 33 pertandingan, mengantarkan Werder Bremen juara Bundesliga dan DFB-Pokal, serta menjadi top skorer mengalahkan Roy Makaay.