Obrolan Vigo: Ivan Toney yang Harus Tinggalkan Sarang Lebah

Obrolan Vigo: Ivan Toney yang Harus Tinggalkan Sarang Lebah

Heri Susanto - March 28, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Kontrak Ivan Toney bersama Brentford bakal rampung pada Juni 2025. Ada potensi sang pemain untuk angkat kaki dari Community Stadium di bursa musim panas mendatang. Keluar dari sarang lebah merupakan opsi yang lumayan menarik bagi Toney.

Dalam karirnya, Toney banyak memperkuat tim yang tak terlalu besar. Semasa masih mentas di Newcastle, ia sempat dipinjamkan ke tim-tim kecil sebelum akhirnya dipermanenkan Peterborough dan kemudian melabuhkan diri ke Brentford.

Karir Toney tak ubahnya seekor lebah pekerja yang kerap mencari saripati nektar ke tempat lain untuk dikembalikan ke sarangnya. Biasanya, seekor lebah pekerja bisa menghabiskan waktu beberapa kilo guna mendapatkan saripati bunga. Dalam sekali perjalanan, ada beberapa tempat yang bisa disinggahinya.

Obrolan Vigo: Ivan Toney yang Harus Tinggalkan Sarang Lebah
Sumber: Goal

Di awal karir, ia sempat mentas di Barnsley, Shewbury, Scunthrope, Wigan dan berlabh di Peterboroguh. Di tim yang disebut terakhir, rasio golnya mulai meningkat. Ia sempat mendulang status sebagai top skor divisi tiga. Berlabuh ke Brentford, pada 2020 pun membuat karirnya lumayan terasah. Status sebagai predator ulung sukses ia bukukan di sana.


Baca Juga:


The Bee seakan menjadi sarang yang tepat bagi Toney memanen nektar yang sudah ia dapatkan di berbagai klub. gol demi gol ia lesatkan bersama klub. Namanya juga berperan penting ketika klub sukses promosi ke Premier League ada 2021 dan hal tersebut terasa spesial lantaran menjadi pengalaman pertama mereka mentas di kasta tertinggi. Di musim serupa, Toney sukses bukukan 31 gol.

Setelahnya, gol demi gol mulai akrab menghampiri Toney. Sejak promosi pada 2021, the Bee sama sekali belum tergelicir keluar. Di bawah arahan Thomas Frank, performa tim lumayan stabil. Mereka sukses finish di urutan 13 dan 9. Catatan tersebut lumayan apik untuk tim yang baru menjejakan kaki ke tier atas.

Meski lumbung golnya stabil, ia sempat terkena kasus perjudian yang memaksanaya harus absen selama 8 bulan. Sang pemain tak boleh berkecimpung di dunia sepakbola dalam periode tersebut. Namanya kemudian mulai dikaitkan dengan berbagai tim besar di bursa Januari 2024 kemarin. Speklulasi sempat mereda ketika bursa ditutup dan Toney tak kemana-mana.

“Semua orang tahu Brentford adalah tim keluarga. Mereka melakukan sesuatu yang luar biasa kepada saya. Dan saya tak bisa hanya mengucapkan terima kasih. Mereka selalu ada di belakang saja sejak menit pertama. Hal itu sangat baik dan banyak hal yang seharusnya bisa saya bayar,” urai Toney seperti diwartakan Sky Sport.

Untuk saat ini, setidaknya hingga akhir musim, Toney akan tetap berada di klub. Ia amat berharap timnya bisa mengunci semua laga dengan kemenangan di musim ini. Ia bisa mencetak 20 gol secara total di akhir musim. Tak berhenti sampai di sana,pemain berdarah Jamaika berharpa bisa membela Inggris di Euro 2024 mendatang.


Baca Juga:


Toney belakangan dikaitkan dengan berbagai tim macam Chelsea dan Arsenal. Kedua tim tersebut memang tengah dalam urgensi mendatangkan juru gedor baru dalam timnya. Toney, dengan segara reputasi yang dimilikinya di Inggris jelas masuk dalam kriteria dua tim tersebut. Mereka juga punya dana mumpuni untuk membawanya ke untuk berganti seragam dan tetap di London Barat atau menyeberang ke London Timur.

“Anda mungkin tak bisa memprediksi apa yang tepat untuk saat ini. Namun saya memiliki ambisi untuk bermain di tim top Eropa.  Semua orang ingin bermain di tim top dan bersaing untuk gelar. Namun untuk saat ini saya hanya ingin fokus bermain dulu,” timpalnya seperti diwartakan Goal International.

Obrolan Vigo: Ivan Toney yang Harus Tinggalkan Sarang Lebah
Ivan Toney, Foto: dok Goal

Masih belum jelas kemana Toney akan pergi nantinya. The bee belakangan melunak jika ada tim yang menawarkan 50-60 juta paun kepada pilarnya. Angka tersebut lumayan tinggi untuk pemain yang kontraknya hanya tersisa setahun. Namun untuk Toney yang memiliki reputasi mencetak gol tinggi dan statusnya sebaga homegrown, angka tersebut bakal terlihat kecil.

Toney, pada akhirnya memang harus meninggalkan sarang lebah guna mencari nektar lain karena urusan lebah pekerja masih jauh dari kata selesai. Ada madu-madu lain yang harus dituai dan sarang yang sekarang jelas tak bisa memberikan hal tersebut.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com