Shin Tae-yong: Bukan Vietnam yang Semakin Lemah, Tapi Indonesia yang Semakin Stabil!
Sumber: PSSI

Shin Tae-yong: Bukan Vietnam yang Lemah, Tapi Indonesia yang Semakin Stabil!

Muhammad Ilham - March 27, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaTimnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor telak 3-0. Menurut Shin Tae-yong, keberhasilan skuad Garuda menang telak atas The Golden Stars bukan karena sang lawan semakin lemah, tetapi timnya yang jauh semakin stabil.

Pada laga keempat grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase kedua, Indonesia sukses meraih kemenangan kedua mereka atas Vietnam dengan skor telak 3-0. Tiga gol Garuda dicetak oleh Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta pada laga yang dilaksanakan di My Dinh Stadium, Selasa (26/3) malam WIB.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

Ini menjadi kemenangan ketiga secara beruntun yang diraih Indonesia atas Vietnam. Sebelumnya, mereka menang 1-0 di babak grup Piala Asia 2023 serta laga ketiga grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase kedua.

Situasi tersebut nyatanya melahirkan pandangan jika Vietnam mengalami penurunan performa, terutama saat kepergian sang pelatih, Park Hang-seo. Namun, Shin Tae-yong tidak berpikiran seperti itu.

Dalam konferensi pers usai laga, Shin Tae-yong menilai performa Vietnam tidak mengalami penurunan atau melemah. Tetapi, justru Indonesia lah yang performanya sedikit lebih stabil, dan itu tidak lepas dari kerja kerasnya selama dua tahun pasca Covid-19.


Baca Juga:


“Sejak saya bekerja di tim nasional Indonesia, terutama dalam 2 tahun pertama, itu dalam situasi COVID-19. Jadi, itu sangat sulit bagi saya untuk membuat tim solid dan bisa bersaing,” kata Shin Tae-yong.

“Setelah 2 tahun kemudian, saya pikir ini adalah waktu bagi saya untuk membangun tim. Sehingga, sekarang pemain sudah mengetahui tentang gaya kepelatihan saya, filosofi tim, prinsip, gaya main, taktik, dan sebagainya.”

Shin Tae-yong: Bukan Vietnam yang Semakin Lemah, Tapi Indonesia yang Semakin Stabil!
Sumber: PSSI

“Jadi, sekarang perferoma tim kami menjadi sedikit stabil. Saya tidak pikir performa dan kekuatan Vietnam menjadi lebih lemah. Mereka masih memiliki sisi kompetitif sendiri,” tambahnya.

Dua kemenangan beruntun ini membuat Indonesi berada di peringkat kedua klasemen sementara grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan tujuh poin. Sedangkan, Vietnam duduk di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com