VivagoalBerita Bola – Himbauan tersebut menyusul denda yang pernah diperoleh Indonesia ketika menggelar laga semifinal serta final Piala AFF lalu. Kondisi ini membuat PSSI khawatir hal serupa akan kembali terulang ketika timnas U-22 menjalani laga uji coba kontra Myanmar tengah pekan ini.

Penggunaan flare menjadi sebuah atraksi tersendiri yang kerap muncul pada laga sepakbola saat ini. Banyak pendukung baik dalam negeri ataupun luar negeri yang menggunakan flare sebagai pemanis jalannya pertandingan. Namun hal tersebut sejatinya dilarang oleh AFC Disciplinary Committee.

Baguan dari AFC yang mengurusi masalah kedisplinan tersebut melarang adanya flare ketika berlangsungnya sepakbola di Asia tenggara khususnya. Mereka menilai jika penggunaan alat yang sejatinya digunakan sebagai tanda pertolongan tersebut dapat mengganggu jalannya pertandingan serta beresiko mengganggu kesehatan.

Menyikapi hal tersebut PSSI pun tengah gencar melakukan himbauan terkait pelarangan penyalaan flare terutama pada laga internasional. Sebut saja laga uji coba kontra Myanmar nanti menjadi fokus utama PSSI dalam memerangi hal buruk satu ini.

Hal tersebut wajar adanya mengingat pada perhelatan Piala Presiden lalu banyak ditemukan penggunaan flare terutama pada babak semifinal hingga final. Sebut saja Persib yang bahkan melakukan tindakan kurang terpuji dengan melemparkan flare ke dalam lapangan usai timnya kalah atas Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Si Jalak Harupat.

Pelarangan tersebut bertujuan agar Indonesia sendiri tidak terkena sanksi berupa denda. Sebut saja pada partai semifinal dan final AFF 2016 lalu Indonesia harus menerima denda yang harus mereka cicil selama dua tahun.

Jika pelanggaran tersebut kembali terjadi pada Selasa nanti, maka bisa saja PSSI akan mendapat denda lebih besar dengan kemungkinan terburuk menjalani laga internasional tanpa penonton. Tentu hal yang sangat merugikan bagi tim.

PSSI pun melakukan kerjasama dengan berbagai media untuk melakukan sosialisai terkait larangan penggunaan flare nantinya. Tak hanya itu, PSSI juga meminta para fotografer lapangan untuk mengambil gambar para pelaku guna mendapat sanksi sosial.

Laga uji coba melawan Myanmar sendiri akan dilaksanakan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat pada Selasa 21 Maret besok.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply