PT LIB: Kebijakan Pemain Asing Ada Ditangan PSSI - Vivagoal.com
PT LIB: Kebijakan Pemain Asing Ada Ditangan PSSI
Akhmad Hadian Lukita dan Mohamad Iriawan Borneo News

PT LIB: Kebijakan Pemain Asing Ada Ditangan PSSI

Rachmat Ramadhan - April 13, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – PT. Liga Indonesia Baru (LIB) mendapatkan usulan untuk menggunakan pemain asing di kompetisi Liga 2 musim depan. Menanggapi usulan tersebut, operator kompetisi sepakbola Indonesia itu mengatakan bahwa semua itu merupakan keputusan PSSI sebagai Federasi tertinggi sepakbola Indonesia.

Usulan menggunakan pemain asing ini muncul dari Sriwijaya FC yang menyurati PSSI mengenai penggunaan pemain asing di Liga 2. Menurutnya kehadiran pemain asing akan memberikan dampak positif dengan mengundang sponsor yang akan berinvestasi di dalamnya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa semua keputusan itu ada di tangan PSSI. Pihak Operator tidak memiliki kebijakan untuk memberi kepastian mengenai hasil keputusan dari usulan yang diajukan oleh Sriwijaya FC tersebut.

“Regulasi adalah ranah PSSI. PT LIB sebagai operator yang ditunjuk oleh PSSI harus melaksanakan regulasi yang ditetapkan,” kata Hadian seperti dikutip Vocket FC.

Kehadiran pemain Asing sendiri seperti pisau bermata dua bagi klub Liga 2. Kehadiran pemain asing mungkin bisa mendatangkan sponsor ke kompetisi tersebut, namun kondisi keuangan tim yang tidak merata tentu akan menyulitkan tim untuk membayar gaji para pemain asing.


Baca Juga:


Perlu diketahui sebelumnya bahwa kompetisi Liga 2 sudah bertahun-tahun bermain tanpa hadirnya pemain asing. Klub-klub Liga 2 terakhir bermain dengan pemain asing adalah di tahun 2014 saat mereka masih menggelar kompetisi dengan nama divisi utama.

Namun biar bagaimanapun kualitas pemain lokal saat ini bisa dibilang bisa mengimbangi kekuatan pemain asing. Hal ini terbukti dengan beberapa klub yang tampil dengan pemain lokal di Piala Menpora.

PSIS Semarang dan PSM Makassar merupakan salah satu contoh klub yang berhasil menembus fase grup dengan materi pemain lokal. Bahkan PSM yang tidak diunggulkan saat ini bersiap menghadapi Persija Jakarta di Semifinal Piala Menpora 2021. (ARI)

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com