Sejarah, Pemain Ini Jadi Naturalisasi Pertama di China

0
8687
Sejarah, Pemain Ini Jadi Naturalisasi Pertama di China

VivagoalBundesliga – Langkah naturalisasi pemain sepak bola sudah wajar dilakukan beberapa negara di Asia.

Pada beberapa tahun ke belakang ini banyak yang memanfaatkanya.Akhirnya diikuti oleh negara besar saat ini yaitu China.

Negara China menorehkan sejarah untuk pertama kalinya. China menaturalisasi pemain sepak bola, yakni pemain berdarah Norwegia, Hou Saeter.

Dengan usia yang masih menginjak umur 21 tahun, Hou Saeter sudah memegang paspor negara kelahirannya Norwegia. Akan tetapi, ia memiliki garis keturunan China dari ibunya. Hou Saeter yang sekarang berseragam klub Beijing Guoan akhirnya bisa mengubah kewarganegaraannya menjadi China.

Sebelum bergabung dengan Beijing Guoan. Mantan kapten Norwegia ini memiliki nama China Hou Yongyong. Ia sudah malang melintang di Liga Norwegia bersama klub Rosenborg BK, Ranheim Il hingga terakhir memperkuat Stabek sampai Januari 2019 lalu.

Adanya naturalisasinya saat ini, Saeter sekarang memiliki peluang besar untuk bisa memperkuat Timnas China. Walaupun dirinya sempat memperkuat dan mengemban jabatan kapten Timnas Norwegia di level umur U-15 dan U-18.

Kesuksesan naturalisasi Saeter ini selain menjadi sebuah catatan sejarah untuk sepak bola China. Berdampak juga juga akan menjadi langkah awal Negeri Tirai Bambu itu untuk melakukan hal serupa kepada pemain-pemain lainnya yang memiliki garis keturunan China.

Tidak hanya Saeter, saat ini ada nama bek muda Inggris berdarah China, Tyias Browning. Yang mana mulai dilirik usai dirinya pindah dari Everton ke klub Liga Super China Guangzhou Evergrande.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here