Sepuluh ‘Sultan’ Pemilik Klub Dunia, Bos Man City Teratas

0
1661
Sheikh Mansour Bos Manchester City

Vivagoal Liga Inggris – Sepak bola kini menjadi lahan bisnis basah yang melibatkan uang miliaran euro. Pemasukan melimpah ruah menjadi alasan para ‘sultan’ terjun ke ranah satu ini.

Nama Roman Abramovich menjadi miliarder pertama yang membuat perputaran uang di dunia sepakbola begitu menggila. Setelahnya, satu dekade terakhir para ‘sultan’ turun gunung dan membuat olahraga satu ini mencuri perhatian banyak pihak.

Goal International mencatat 10 pemilik klub tajir melintir. Daftar di bawah ini mengacu pada kekayaan sang pemilik klub, bukan kekayaan klub itu sendiri.

1. Sheikh Mansour

Miliarder bernama lengkap Mansour bin Zayed Al Nahyan tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 20 miliar USD. Bukan hanya Manchester City, pria asal Unai Emirate Arab ini juga menjadi pemilik Melbourne City dan New York City yang berada di bawah naungan City Football Group.

2. Dietrich Mateschitz

Miliarder asal Austria satu ini menancapkan taring di dunia olahraga melalui perusahaan minuman miliknya, Red Bull. Mateschitz tercatat memiliki kekayaan 19,4 miliar USD dan memiliki sejumlah klub seperti RB Leipzig di Bundesliga dan RB Salzburg di Austria, juga New York Red Bulls di MLS.

3. Keluarga Andrea Agnelli

Dikenal doyan mendatangkan pemain-pemain gratisan, ternyata pemilik Juventus tersebut memiliki kekayaan yang fantastis. Keluarga Agnelli tercatat memiliki kekayaan 13,5 miliar USD. Pemasukan yang melimpah datang dari berbagai bisnis termasuk industri mobil mereka seperti Fiat, Ferrari, Alfa Romeo, dan berbagai merek lainnya.


Baca Juga:



4. Roman Abramovich

Pebisnis asal Rusia satu ini mengambil alih Chelsea pada 2013 silam. Total kekayaan yang dimiliki Abramovic sebesar 12,4 miliar USD datang dari industri minyak, aluminium, dan bisnis lainnya yang ia jalankan.

5. Philip Anschutz

Dengan kekayaan 10 milyar USD, wajar jika LA Galaxy yang ia miliki mampu mendatangkan pemain bintang sekelas David Beckham dan Zlatan Ibrahimovic. Anschutz ternyata juga memiliki beberapa lain termasuk MetroStars, Chicago Fire, dan lainnya. Miliarder Amerika Serikat ini mendapatkan uangnya dari bisnis real estate, minyak, dan industri hiburan.

6. Stan Kroenke

Tak pernah menyangka jika Arsenal yang dikenal begitu irit dimiliki oleh miliarder dengan kekayaan 9 miliar USD. Selain Arsenal, Kroenke juga menjadi pemilik Colorado Rapids.

Kroenke bahkan menaungi banyak klub, tidak hanya sepak bola. Termasuk Los Angeles Rams (NFL), Denver Nuggets (NBA), dan Colorado Avalanche (NHL).

7. Nasser Al-Khelaifi

Bos Paris Saint-Germain tersebut ditaksir memiliki kekayaan hingga 8 miliar USD. Kekuatan finansial yang berasal dari banyak bisnis yang dimiliki termasuk memimpin beIN media group, membuat PSG leluasa mendatangkan para pemain bintang salah satunya adalah Neymar.

8. Zhang Jindong

Miliarder asal China satu ini memiliki kekayaan ditaksir 7,6 miliar USD. Kekayaannya datang dari perusahaannya, Suning Holding Group yang mengakuisisi Inter Milan pada 2016 silam.

Suning sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang ritel peralatan rumah tangga, tapi Jindong juga tertarik pada bisnis penyiaran dan tentunya olahraga.

9. Robert Kraft

CEO Kraft Group, Robert Kraft, merupakan pemilik tim MLS, New England Revolution. Jumlah kekayaan yang ditaksir di angka 6 miliar USD disebut berasal dari beberapa bidang bisnis seperti olahraga, manufaktur, dan real estate. Dia juga memiliki tim NFL New England Patriots.

10. Keluarga Aiyawatt Srivaddhanaprabha

Pebisnis asal Thailand, Aiyawatt Srivaddhanaprabha tersebut ditaksir memiliki kekayaan bersih 6 miliar USD. Beserta keluarga, mereka merupakan CEO King Power dan pemilik Leicester City. Dia juga membawahi klub Belgia, OH Leuven. Srivaddhanaprabha mengambil alih pekerjaan ayahnya, Vichai, yang meninggal dunia pada kecelakaan helikopter tahun 2018 silam.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here