Skuad Man City Paling Bernilai di Eropa, PSG Cuma Urutan ke-8 - Vivagoal.com
Skuad Man City Paling Bernilai di Eropa, PSG di Urutan ke-8
Manchester City, Foto: dok wartakepri

Skuad Man City Paling Bernilai di Eropa, PSG Cuma Urutan ke-8

A Hendra - October 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Menurut laporan yang dirilis oleh CIES Football Observatory, Manchester City menjadi klub paling bernilai di antara tim lain di lima liga top Eropa.The Sky Blues memiliki valuasi skuat di angka 1,28 miliar euro atau sekitar Rp 21,1 triliun.

CIES Football Observatory merupakan sebuah lembaga yang secara rutin melakukan studi terhadap performa, transfer, nilai dan potensi seorang pesepakbola. Dalam laporan terbarunya, CIES menyebut Man City sebagai klub dengan nilai skuad bernilai paling tinggi di pasaran saat ini.

Man City yang saat ini ditangani oleh Pep Guardiola diperkirakan punya nilai pasaran mencapai 1,28 miliar Euro. The Citizens mengungguli rival sekotanya Manchester United yang baru saja mendatangkan Cristiano Ronaldo dengan market value di angka 1,21 miliar euro atau setara Rp 20,1 triliun. Juara bertahan Liga Champions, Chelsea urutan ke-3 dengan nilai pasar di kisaran 946 juta euro.

Sementara tim bertabur bintang, Paris Saint-Germain hanya menempati posisi ke-8. Real Madrid juga tak masuk dalam posisi lima besar lantaran hanya mengantongi nilai pasar sebesar 846 juta euro. Mereka ada satu tingkat di atas PSG. Secara keseluruhan, dari total 8 klub yang punya nilai pasar diatas 800 juta euro, empat diantaranya bermain di Liga Inggris. Sementara dua lainnya bermain di LaLiga Spanyol, dan masing-masing satu dari Bundesliga Jerman serta Ligue 1 Prancis.


Baca Juga:


Studi ini sendiri dilakukan CIES dengan perhitungan rumit yang mempertimbangkan usia pemain, performa, durasi kontrak saat ini, terakhir kali transfer, dan sebagainya. (HS)

Berikut 8 besar klub paling bernilai versi CIES Football Observatory:

1. Manchester City 1,28 miliar Euro
2. Manchester United 1,21 milier euro
3. Chelsea 946 juta euro
4. FC Barcelona 896 juta euro
5. Bayern Munich 890 juta euro
6. Liverpool 868 juta euro
7. Real Madrid 846 juta euro
8. Paris Saint-Germain 808 juta euro

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com