Supporter dan Klub Harus Berbenah Demi Sepakbola Indonesia

0
39

Vivagoal – Liga Indonesia –Sepakbola dan supporter memang tak akan pernah bisa dipisahkan. Namun sayang terkadang para pendukung klub sepakbola di Indonesia bertindak merugikan klubnya sendiri.

Hal itu diakui oleh pengamat Sepakbola, Justinus Laksana. Ditemui dalam Bincang Shopee, Justin mengaku banyak hal yang perlu dibenuhi soal perilaku supporter di Indonesia. Terkhusus tentang hubungan positif dengan klub yang mereka dukung.

“Kedekatan klub dan supporter di Indonesia saya pikir masih belum bagus. Tapi sebenarnya supporter punya peran penting dalam perkembangan klub itu sendiri,” jelas Justin.

Lebih lanjut, Justin mengaku wajar bila supporter kecewa dengan hasil negatif timnya. Tapi pemain ke-12 di Indonesia seharusnya bisa berperan aktif dengan memberi dukungan dengan cara positif dan pintar.

“Kita harus mendukung dengan cara yang pintar. Tidak perlu demo, itu bukan cara yang baik, mari kita lakukan dengan cara yang elok.

“Supporter indonesian harus jadi elemen terbesar dalam industri sepak bola. Mereka punya masa dan punya peran kunci untuk mendorong klub kebih baik.

“Supporter itu ruhnya klub. Jadi kalo ada masalah manajemen pasti mau nego,” jelas Justin.

Justin mencontohkan hal positif yang pernah dilakukan supporter FC Utrecth yang mungkin bisa dicontoh supporter Indonesia. Menurutnya kala itu Utrecht kesulitan dana dan terlilit hutang.

Melihat situasi itu, supporter Utrecht proaktif membantu klubnya. Mereka bahkan rela berjualan kartu remi ke rumah-rumah penduduk.

“Utrecth sempat mau bangkrut. Supporter membantu dengan pergi door to door untuk jual kartu remi bantu klub. Saya minta tanda tangan bahkan untuk bantu klub yang mau bangkrut,” tutup Justin.

Selalu update berita Liga Indonesia terbaru hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here