Obrolan Vigo: Roque Santa Cruz, Permata dari Paraguay

Obrolan Vigo: Roque Santa Cruz, Permata dari Paraguay

Heri Susanto - August 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Dalam sepakbola, Paraguay mungkin jarang memiliki sosok legenda hidup yang sangat diidolakan. Setelah Jose Luis Chilavert, mungkin Roque Santa Cruz bisa menjadi alternatif lain.

Santa Cruz, yang lahir pada 16 Agustus 1981 di Asuncion. Memiliki tinggi badan yang mumpuni, Santa Cruz jelas menjadi jaminan mutu untuk memenangi bola-bola udara. Di masa muda, ia sempat mencuri perhtian kala mentas bersama salah satu tim terbesar di Paraguay, Olimpia.

Dalam dua musim, ia lagsung mencuri perhatian bersama Olimpia dan Timnas Paraguay. Total di level klub, ia mampu mendulang 13 gol dalam 24 laga di level klub. Dirinya juga mampu bukukan Timnas U-20 di Piala Dunia Junior tahun 1999 serta tiga gol di ajang Copa America 1999.

Catatan impresif tersebut membuat Bayern Munich tertarik untuk membawa sang pemain ke Jerman. Tepat pada bursa transfer musim panas 1999, Bayern merekrutnya dari Olimpia dengan mahar 5 juta Euro.

Meski bermain untuk salah satu tim terbaik Jerman, sinarnya tak bisa berkilau terang. Pasalnya, di lini depan, ia kalah bersaing dengan nama-nama beken macam Giovanne Elber, Claudio Pizzaro hingga Carlsten Janker. Bahkan, sepeninggal Elber, Santa Ctuz harus menerima kenyataan pahit kala Die Roten harus datangkan Roy Makaay sebagai pengganti.


Baca Juga:


Dengan catatan 8 musim berseragam Bayern, Santa Cruz hanya berperan sebagai ban serep. Hal tersebut berdampak pada turunnya produktivitas sang pemain. Total, ia hanya catatkan 51 gol dan assist. Dalam periode tersebut, ia mampu hantarkan Bayern juara 5 kali Bundesliga, 4 DFB-Pokal, dua Piala Liga Jerman dan satu gelar Liga Champions pada 2001 silam.