Berpotensi Lolos ke Eropa, Stade Brest Malah Dapat Kabar Buruk, Kenapa?
Sumber: Twitter Quest France

Berpotensi Lolos ke Eropa, Stade Brest Malah Dapat Kabar Buruk, Kenapa?

Heri Susanto - April 23, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Ligue 1 –  Stade Brest berpotensi main di Eropa musim depan. Namun andai hal tersebut terealisasi, mereka harus pindah kandang atau tetap berada di Stadion lama dengan konsekuensi tereduksinya jumlah penonton lantaran Stadion mereka saat ini tak memenuhi standar yang ditetapkan UEFA untuk kompetisi Eropa.

Di bawah arahan Eric Roy yang datang di pertengahan, Brest mampu tampil gemilang. Mereka sempat lolos kala bertarung di zona degradasi dan musim ini. Mimpi Les Pirates untuk mentas di Eropa lumayan terbuka. Mereka tengah duduk di peringkat tiga klasemen sementara dengan koleksi 53 poin dari 30 laga yang sudah dimainkan.

Potensi untuk lolos ke Liga Champions amat terbuka bagi mereka. Namun sebelum memulai petualangan di Eropa, ada kabar buruk yang menerpa mereka. Tim asal Breton saat ini mentas di Stade Francis-Le Ble yang berkapasitas 15 ribu penonton.

Berpotensi Lolos ke Eropa, Stade Brest Malah Dapat Kabar Buruk, Kenapa?
Sumber: Twitter France Bleu

Melalui direktur olahraganya, Gregory Lorenzi dalam waancara terbaru bersama Get French Football News, mereka tengah mencanangkan pembangunan stadion baru yang rencananya akan rampung pada 2027 mendatang. Nmun Presiden klub, Denis Le Saint tengah menunda pekerjaan tersebut guna mematuhi peraturan UEFA.


Baca Juga:


Dalam kunjungan UEFA ke Francis-Le Ble, Maret lalu, badan tertinggi sepakbola Eropa mengklaim jika Stadion tak sesuai dengan peraturan lantaran hanya masuk dalam kategori dua. Sementara untuk kompetisi Eropa, minimal Stadion harus masuk dalam kategori empat. Sempat ada harapan Brest bisa mendapatkan pengecualian namun kabar dari L’Equipe menyebut jika hal tersebut tak akan dilakukan.

Salah satu masalah yang ada di Stadion adalah tiga dari empat tribun stadion yang berbentuk tabung. Hal tersebut dilarang oleh UEFA. Jika nantinya mereka mentas di Eropa entah di ajang Liga Champions, Europa League maupun Conference League, Stadion hanya boleh diisi 5.000 orang. Brest dan Federasi Sepakbola Prancis (FFF) sudah diinformasikan terkait halini.

Kini mereka dihadapkan dengan pilihan apakah mau memainkan laga di Eropa dengan 5.000 penonton atau mengungsi ke Stadon lain yang sesuai dengan peraturan. Sejauh ini, ada rumor yang mengklaim mereka bakal hengkang ke Stadion Beaujoire milik FC Nantes atau Roahzon Park milik Stade Rennes andai tetap ingin mendapatkan dukungan kala mentas di Eropa.

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 hanya di Vivagoal.com