Tiket Hantu, Bukti Loyalitas Suporter Dynamo Dresden - Vivagoal.com
Tiket Hantu, Bukti Loyalitas Suporter Dynamo Dresden
Pemain Dynamo Dresden berdiri ditengah lapangan menunggu hasil tendangan Penalti. Sumber: Evening Standard

Tiket Hantu, Bukti Loyalitas Suporter Dynamo Dresden

Fido Moniaga - December 31, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Berada di masa sulit dan Pandemi, penggemar bersatu dukung Dynamo Dresden yang sedang krisis. Pihak klub mengklaim berhasil menjual puluhan ribu tiket hantu dalam pertandingan terakhirnya.

Sebelumnya Dynamo Dresden bertanding melawan SV Darmstadt 98 dalam lanjutan Piala Pokal beberapa hari sebelum natal. Dalam pertandingan tersebut, Dresden kalah dengan skor 3-0.

Namun pertandingan itu rasanya tidak terlalu menarik perhatian klub. Yang menjadi menarik adalah tiket 72.112 yang terjual untuk seluruh bangku kosong di stadion Rudolf Harbig hari itu.

Angka tersebut adalah jumlah yang bisa dikatakan dua kali lebih banyak dari bangku penonton penuh di dalam stadion. Dynamo Dresden menjual satu tiket dengan harga 5 euro.

Melihat fenomena ini, klub lapis tiga liga Jerman tentu memiliki fans yang sangat setia. Solidaritas dan keinginan untuk segera melihat klub mereka bertahan sangat kuat melihat apa yang terjadi beberapa hari sebelum libur natal.

Masa Pandemi yang memukul Jerman mempengaruhi kondisi klub sepakbola yang banyak mengalami krisis identitas dan keuangan. Pendapatan mereka tentu tersendat dengan tidak adanya pemasukan dari operasional saat hari pertandingan.

“Hasil dari seluruh kampanye tiket hantu dimaksudkan untuk menutupi kerugian besar SG Dynamo Dresden pada tahun keuangan 2020/21. Untuk musim ini, SGD memperkirakan kerugian total hingga 6 juta euro, sebagian karena kurangnya pendapatan penonton.” terang Dynamo Dresden dalam pernyataan resmi di web mereka.

Mereka mencatat hanya dua pertandingan yang dihadiri banyak penonton dalam sejarah klub. Itupun hanya pertandingan saat mereka melakukan laga tandang.

“Hanya dua pertandingan dalam sejarah klub yang dihadiri lebih banyak orang, keduanya pertandingan tandang,” kata Dresden.

Jika saja klub menyediakan tambahan 10 ribu bangku penonton di dalam stadion, pasti mereka membuat sejarah baru penonton terbanyak bagi Dresden.

Masa pandemi dimana klub dilarang membawa penonton masuk stadion, kampanye tiket hantu bisa menjadi jawaban bagi klub yang berada dalam krisis ekonomi. Hal yang terjadi pada Dresden bahkan belum pernah terjadi di kawasan Jerman Timur.

Dalam keberhasilan kampanye itu, Dynamo Dresden berencana melepaskan 30 ribu balon dalam pertandingan Piala Pokal kemarin. Namun kondisi angin kencang menggagalkan selebrasi unik tersebut.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com