Timnas Korsel Resmi Tunjuk Mantan Pemainnya untuk Gantikan Klinsmann
Sumber: Reuters

Timnas Korsel Resmi Tunjuk Mantan Pemainnya untuk Gantikan Klinsmann

Catrine Mega - July 8, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Timnas Korea Selatan kembali menunjuk Hong Myung-bo sebagai pelatih tim menggantikan Jurgen Klinsmann yang dipecat bulan Februari lalu. Dengan kontrak sampai tahun 2027, Hong Myung-bo diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Taeguk Warriors.

Hong Myung-bo bukan nama yang asing bagi sepakbola Korsel. Sebagai pemain, ia mencatatkan 136 penampilan untuk Timnas Korsel dan berkontribusi membawa Taeguk Warriors melaju ke semifinal Piala Dunia 2002 lalu.

Timnas Korsel Resmi Tunjuk Mantan Pemainnya untuk Gantikan Klinsmann
Sumber: The Japan Times

Sebagai pelatih, Hong pernah menukangi Taeguk Warriors pada tahun 2013 sampai 2014, namun meninggalkan tugasnya setelah Korsel tersingkir dari fase grup Piala Dunia 2014. Kali ini ia punya tugas membawa Korsel melaju ke Piala Dunia untuk 11 kali beruntun.

Ia ditunjuk setelah menunjukkan kualitasnya usai membawa Ulsan HD menjuarai K-League dua musim terakhir. Kehadirannya diharapkan dapat membantu Taeguk Warriors mencicipi kembali masa jayanya.


Baca juga:


Korsel akan memperjuangkan tempat di Piala Dunia 2026 pada babak kualifikasi putaran ketiga. Berada satu grup bersama Irak, Yordania, Oman, Palestina, dan Kuwait, Korsel yang berstatus sebagai raksasa Asia jelas difavoritkan untuk melaju mulus ke putaran akhir.

Hong akan melanjutkan tugas Klinsmann yang gagal mengeluarkan kemampuan terbaik Timnas Korsel. Pelatih asal Jerman tersebut dipecat setelah Korsel takluk di tangan Yordania pada Piala Asia 2023 lalu.

Selama lima bulan terakhir, KFA, asosiasi sepakbola Korsel, menugaskan Hwang Sun-hong dan Kim Do-hoon sebagai pelatih interim tim nasional.

Sebelum Hong resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Korsel, nama-nama pelatih asing seperti Jesse Marsch, David Wagner, dan Gus Poyet jadi kandidat suksesor Klinsmann.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com