UEFA Puji Ketangguhan Ruben Dias Di Lini Pertahanan Man City - Vivagoal.com
UEFA Puji Ketangguhan Ruben Dias Di Lini Pertahanan Man City
Ruben Dias, Foto: dok Talksport

UEFA Puji Ketangguhan Ruben Dias Di Lini Pertahanan Man City

A Hendra - May 5, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Ruben Dias menjadi bintang saat Manchester City sukses meredam perlawanan PSG di leg kedua semifinal Liga Champions. Les Parisiens sudah berusaha menembus kokohnya pertahanan bek asal Portugal itu tapi gagal.

Untuk kesekian kalinya, PSG harus merasakan kekalahan saat berhadapan dengan Manchester City. Usai ditaklukkan 1-2 di Paris pada leg pertama, Neymar dkk kembali dipaksa pulang dengan kekalahan 2-0 saat bertandang ke Etihad Stadium, Rabu (5/5/2021) dini hari WIB.

Sepasang gol Riyadh Mahrez di menit ke-11 dan 63 menegaskan dominasi Man City atas PSG dalam duel dua leg, sekaligus meloloskan The Citizens tuk kali pertama dalam sejarah ke final Liga Champions.

PSG sendiri terlihat sangat kewalahan menembus ketatnya pertahanan Man City yang digalang Ruben Dias. Faktanya, dari total 14 percobaan tembakan yang dilepaskan, tak satupun yang mengarah ke gawang Ederson Moraes, alias no shots on target selama 90 menit laga berlangsung.

Rencananya, PSG ingin merusak sistem permainan Man City dengan tidak membiarkan Kevin De Bruyne dkk berlama-lama menguasai bola. Instruksi itu sudah berjalan sesuai harapan dengan PSG mampu mencatatkan ball possesion sebesar 56 persen berbanding 44 milik City.

Meski demikian, mereka tetap gagal menaklukkan City setelah semua serangan yang dibangun Neymar Cs bisa diredam di kaki dan kepala Ruben Dias.

Berdasarkan catatan situs Whoscored, bek tengah berusia 23 tahun itu memang tampil sangat baik dalam meredam agresivitas permainan jawara Ligue 1 Prancis itu. Total ada 4 clearance, tiga intersepsi, satu tekel sukses dari tiga aksi plus beberapa kali percobaan pemain PSG juga bisa diblok olehnya

Ruben Dias bahkan berhasil mencegah PSG mencetak gol pada menit ke-18 setelah dengan presisi ia memblok bola sepakan Di Maria yang sudah berdiri bebas untuk menembak ke gawang usai memaksimalkan keteledoran De Bruyne dalam membawa bola.

Tak ayal, Ruben Dias pun dinobatkan sebagai Man of the Match di laga itu. Tak tanggung-tanggung, pengamat pertandingan UEFA menilai eks pemain Benfica itu adalah pemimpin pertahanan Man City yang sangat baik.

“Dia (Ruben Dias) menunjukkan kepemimpinan dan organisasi pertahanan dengan luar biasa. Dia membangun pertandingan dengan aman dan membuat beberapa tekel penting, blok, dan clearance,” kata Pengamat Teknis UEFA Gareth Southgate, di situs resmi Liga Champions.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com