UEFA Resmi Ciptakan Kompetisi Kasta Ketiga Benua Eropa

0
399
UEFA Umumkan Kompetisi Baru Selain Liga Champions & Liga Europa

Vivagoal – Badan Sepakbola Eropa (UEFA) baru merilis kompetisi baru antar klub Eropa dengan format serupa dengan Liga Champions dan Liga Europa.

Berdasarkan laporan dari reuters.com, pada pertemuan UEFA di Dublin beberapa waktu lalu, Executive Committee (ExCo) UEFA telah menyelesaikan rencana mereka untuk membentuk kompetisi antar klub Eropa. Mereka mengusung nama Liga Europa 2 (UEL 2) yang rencananya akan 2021 sampai 2024 mendatang.

Kompetisi baru ini sendiri akan menggunakan format yang tidak jauh berbeda dengan dua kompetisi sang pendahulu, Liga Champions dan Liga Eruopa.

Baca Juga :  Kalah dari Dortmund, Klub Asal Jerman Ini Lantik Pelatih Baru

UEL 2 sendiri akan mengikut sertakan 32 tim dalam delapan grup dari liga-liga Eropa yang mana akan membaut Liga Europa memiliki tim perta yang lebih sedikit yakni dari 48 tim hanya menjadi 32 tim. Sedang tidak akan ada perubahan untuk Liga Champions termasuk jatah peserta dari lima liga top Eropa.

Untuk babak 16 besar nanti, UEL 2 akan mendapat peserta tambahan dari peringkat dua dan tiga dari Liga Europa. Dengan demikian Liga Europa hanya akan memberikan jatah kepada juara grup untuk lolos ke fase gugur dengan melawan para tim yang hanya menempati peringkat tiga di fase grup Liga Champions.

Pihak UEFA sendiri mengatakan dengan adanya kompetisi tersebut tim dari beberapa negara Eropa bisa merasakan pertandingan kontra tim dari negara lain.

“Tidak ada perubahan yang akan dilakukan pada format dan daftar akses UEFA Champions League,” demikian pernyataan presiden UEFA, Aleksander Ceferin dikutip dari laman resmi UEFA.

Baca Juga :  Dibandingkan Modric, Cavani Pilih Varane Dapat Ballon d'Or

“Kompetisi klub UEFA yang baru akan membuat kompetisi ini lebih inklusif daripada sebelumnya. Akan ada lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub, dengan lebih banyak asosiasi sepak bola di fase grup.”

“Kompetisi ini tercetus dari dialog yang terus dilakukan dengan banyak klub yang terlibat dalam European Club Association.”

UEL 2 akan memainkan total 141 pertandingan dengan 15 pertandingan setiap pekannya dengan jadwal pertandingan yang akan dibuat sama persis dengan Liga Europa yakni setiap Kamis. Sedangkan Liga Champions akan tetap dilaksanakan pada Selasa dan Rabu.

Final untuk UEL 2 sendiri akan dilangsungkan pada pekan yang sama dengan final Liga Champions dan Liga Europa. UEL 2 akan digelar pada hari Rabu, Kamis untuk final Liga Europa sedang untuk final Liga Champions akan dilangsungkan pada hari Sabtu waktu setempat.

Unuk diketahui, Juara UEL 2 sendiri berhak mengikuti Liga Europa untuk musim berikutnya.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here