Vivagoal.com5 FaktaArsenal merupakan klub Liga Inggris yang terus bertahan di papan atas di divisi teratas dalam sejarah sepak bola Inggris. Sejak musim 1919-20, Arsenal belum pernah sekalipun terdegradasi. Selain catatan apik tersebut, masih banyak pencapaian atau rekor-rekor di sepak bola Inggris yang ditulis atas nama tim Meriam London ini.

Arsenal yang juga dikenal dengan sebutan klub London Utara. Klub ini didirikan pada 1886 di Woolwich dan pada tahun 1893 menjadi klub pertama dari selatan Inggris untuk bergabung dengan Football League. Dan sejak tahun 1913 klub ini resmi menyandang nama Arsenal F.C.

Dan sejak The Professor, Arsene Wenger tiba di Arsenal pada tahun 1996, pelatih asal Perancis ini bisa dianggap sukses mengubah The Gunners menjadi tim yang selalu diperhitungkan. Banyak yang beranggapan jika prestasi Wenger di Arsenal selama satu dekade ini biasa-biasa saja, tetapi dengan Wenger juga, Arsenal sekarang ini mampu memperlihatkan permainan cantik yang mungkin hanya raksasa Catalan, Barcelona yang bisa mengunggulinya.

Dan karena minimnya gelar yang diperoleh The Gunners, terakhir memenangkan trofi Piala FA tahun 2005, membuat para fans dan media menuntut Manajemen Arsenal untuk memecat pelatihnya saat ini, Arsene Wenger.

Meskipun demikian, banyak jasa yang telah diukir seorang Arsene Wenger di Arsenal. Banyak bakat-bakat besar yang diperkenalkan nya dan akhirnya menjadi legenda di Arsenal. Salah satu diantaranya, yaitu Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Robert Pires, Cesc Fabregas serta beberapa anggota skuat yang lebih muda seperti Theo Walcott dan Jack Wilshere.

Dari kesemuanya itu,  berikut 5 fakta tentang Tim Meriam London, Arsenal yang mungkin ingin anda ketahui.

 

  1. Arsenal Satu-satunya Klub Di Liga Inggris Yang Mendapat Penghargaan Trofi Premier League Yang Dibuat Dari Emas

Tim London Utara, Arsenal pernah mencetak rekor 49 kali tidak terkalahkan di kompetisi Premier League dari Mei 2003 sampai November 2004, dengan 38 kali diantaranya terjadi pada musim 2003/04 saat Arsenal berhasil menjadi juara liga. Rekor sebelumnya tercatat atas nama Preston North End yang tak terkalahkan dalam 22 pertandingan liga, dan itu terjadi di musim 1888/89! Sulit rasanya menyamai atau menumbangkan rekor Arsenal tersebut dalam waktu dekat.

Arsenal mendapat penghargaan trofi Premier League yang dibuat dari emas sebagai apresiasi liga terhadap pencapaian skuat Arsene Wenger yang meraih gelar juara di musim 2003-2004 tanpa terkalahkan sepanjang musim.

 

  1. Arsenal Adalah Sumber Inspirasi Utama Lahirnya Novel terlaris ‘Fever Pitch’

Kiprah Arsenal pada dekade 1980-an menjadi inspirasi novel laris Fever Pitch yang ditulis novelis terkenal, Nick Hornby. Buku tersebut bahkan dibuat film layar lebar, ada versi Inggris dan Amerika (Hollywood).

Bagi Anda yang sudah membaca novel atau menonton film Fever Pitch, pasti familiar dengan pertandingan Arsenal versus Liverpool pada tahun 1989. Kemenangan yang didapat Arsenal saat itu merupakan kemenangan yang membuat Arsenal menjadi juara liga setelah terakhir kali meraihnya pada musim 1970/71.

Pada prosesnya, George Graham yang pada tahun 1971 merupakan bagian dari skuat juara Arsenal, pada musim 1988/89 menjadi manager Arsenal. Saat itu, The Gunners membutuhkan tendangan penalti pada menit 90+1 untuk bisa menyegel gelar juara.

Situasinya ketika itu adalah Arsenal butuh kemenangan minimal dua gol untuk bisa menjegal Liverpool. Pasalnya, Arsenal saat itu sudah tertinggal tiga poin dan empat selisih gol. Jika mereka menang dengan selisih dua gol, mereka bakal menyamai poin dan selisih gol Liverpool serta unggul dalam urusan jumlah gol yang dicetak.

Alhasil, ketika Michael Thomas mencetak gol penalti itu, Nick Hornby pun mau tak mau harus menulis buku Fever Pitch tadi.

Masalahnya, kemenangan itu, selain mampu mencegah Liverpool meraih gelar ganda, juga merupakan salah satu pertandingan penentu gelar juara liga paling dramatis sepanjang sejarah.

 

  1. Arsenal Menjadi Klub Pertama Terciptanya Film Pertama Berlatar Tim Sepakbola

Film pertama bertema sepakbola adalah The Arsenal Stadium Misteri yang dibuat pada tahun 1939 yang diadaptasi dari novel karya Gribble Leonard. Fokus utama film ini tentu tentang klub Arsenal dan dibalut dengan cerita fiksi mengenai misteri pembunuhan dalam sepakbola. Beberapa pemain Arsenal seperti Cliff Bastin dan Eddie Hapgood turut bermain, meskipun hanya manajer George Allison yang memiliki bagian berbicara di film tersebut. Dan seperti judulnya, film ini banyak mengambil spot syuting di Stadion Arsenal sebelumnya, Highbury, London.

Film The Arsenal Stadium Mistery ini bercerita tentang satu set misteri pembunuhan, yang diawali dari pertandingan persahabatan antara Arsenal dan klub The Trojans. Singkat cerita, salah satu pemain Trojan terjatuh dan terbujur kaku di lapangan. Polisi yang kemudian mengusut kematian pemain The Trojan ini mengungkapkan bahwa kematian pemain The Trojan karena telah mengatakan sesuatu sehingga membuat dirinya diracuni.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Thorold Dickinson, Donald Bull dan Alan Hyman, yang diadaptasi dari novel karya Gribble Leonard.

 

  1. Arsenal Menjadi Klub Pertama di Dunia Yang Pertandingannya Disiarkan Secara Live di Radio dan Televisi

Kebesaran nama klub Arsenal dimasa lalu menjadikannya sering disebut-sebut sebagai bagian dari budaya sepakbola di Britania Raya. Contoh konkretnya adalah, pada 22 Januari 1927, saat Arsenal melakoni pertandingan melawan Sheffield United, pertandingan tersebut menjadi yang pertama di kompetisi Inggris saat itu yang disiarkan live melalui radio.

10 tahun kemudian, pada 16 September 1937, Arsenal kembali dipilih untuk ujicoba siaran langsung melalui media televisi. Dan pertandingan pertama yang berhasil disiarkan secara live di televisi tersebut adalah pertandingan ekshibisi antara tim utama Arsenal melawan tim cadangan Arsenal.

 

  1. Arsenal adalah Klub Pertama di Liga Inggris Yang Berhasil Mengawinkan Piala Liga Dengan Piala FA di Musim Yang Sama

Sepanjang sejarah Liga Primer, Arsenal hanya tujuh kali finis dibawah urutan 14, sebuah rekor terbaik. Rata-rata posisi mereka dari tahun 1900 sampai 1999 adalah 8,5, tertinggi diantara klub lain. Selama ditangani Wenger, Arsenal selalu finis di tiga besar, kecuali di musim 2005/06 dan 2006/07 mereka finis di urutan keempat

Pada 1993, Arsenal menjadi klub pertama yang mampu meraih double Winner, yakni juara Piala Liga dan Piala FA pada tahun yang sama.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply