5 Fakta Tragedi Berdarah di Dunia Sepak Bola

0
1553

4. Tragedi Hillsborough (Tahun 1989)

Awan duka memayungi Liverpool pada 15 April 1989. Bagaimana tidak, ada tragedi yang begitu menyisakan duka mendalam di keluarga besar Liverpool.

Suatu tragedi besar terjadi di Sheffield, tepatnya di Hillsborough Stadium, yang melibatkan kerja pihak kepolisian setempat.

Tragedi yang menyisakan luka dan duka mendalam itu kini dikenal dengan tragedi Hillsborough. 96 orang meninggalkan dunia dan 766 orang lainnya mengalami luka-luka, yang menjadikan tragedi ini sebagai insiden terburuk dalam sejarah olahraga di Inggris dan di dunia.

Tapi, selain fans berat Liverpool, tak banyak yang mengetahui bagaimana sejarah dari insiden ini, pengaruhnya dalam dunia sepakbola dan berbagai kontroversi yang ada di dalamnya.

Dari insiden ini pula juga tercipta sejumlah rekomendasi mengenai aspek keamanan di stadion.

Adalah Lord Justice Taylor yang membuatnya. Dibutuhkan waktu 31 hari untuk bisa membuat laporan mengenai tragedi tersebut dan dipublikasikan dalam dua laporan.

Laporan Pertama yaitu laporan interim yang menggambarkan apa yang terjadi pada hari itu. Laporan kedua, yang mempublikasikan rekomendasi umum mengenai standar keamanan stadion. Laporan ini kemudian dikenal dengan nama Laporan Taylor.

Dalam laporannya, Lord Justice Taylor menyimpulkan bahwa polisi tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Ada tahapan yang harus dipertimbangkan dalam sejumlah aspek mengenai bencana ini, khususnya perhatian difokuskan pada membuka gerbang kedua. Selain itu, kick-off harusnya ditunda, seperti halnya pertandingan di tempat lain.”

Alasan bahwa sejumlah fans kehilangan kesadaran karena alkohol juga dinilai Taylor bukan sebagai alasan utama terjadinya tragedi tersebut. Polisi, yang dalam hal ini memegang kendali keamanan, memiliki tanggung jawab penuh untuk hal ini.

Pengaruh dari Laporan Taylor tersebut, terutama terkait rekomendasi mengenai standar keamanan di stadion, akhirnya digunakan sebagai patokan dan dasar utama untuk mendirikan stadion.

Dalam laporannya, Lord Taylor membuat 76 rekomendasi, di antaranya tidak menyediakan tribun berdiri dan hanya menyediakan tribun dengan tempat duduk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here