Jika Klopp Berkulit Hitam, Dia Sudah Dipecat Liverpool!

Jika Klopp Berkulit Hitam, Dia Sudah Dipecat Liverpool!

Heri Susanto - November 13, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Legenda Liverpool, John Barnes menilai jika Jurgen Klopp bisa saja dipecat di musim perdananya menangani the Reds andai pelatih asal Jerman itu berkulit hitam. Mengapa demikian?


Baca Juga:


Musim perdana Klopp hadir pada 2015/16. Kala itu, the Reds hanya mampu finish di posisi kedelapan. Bahkan di tahun yang sama, mereka juga harus kalah di Europa League dalam laga melawan Sevilla dan kalah juga di laga pamungkas Piala Liga.

Namun empat tahun kemudian, Klopp mampu mengakhiri mimpi panjang Liverpool yang mendulang gelar perdana dalam 30 tahun terakhir. Di musim sebelumnya, ia juga sukses meraih gelar Liga Champions keenam Liverpool.

Tapi tiga sampai empat tahun berselang, Liverpool di bawah arahan pelatih asal Jerman itu sukses menjuarai Liga Champions dan lebih spesial lagi, mengakhiri penantian 30 tahun klub untuk meraih gelar Liga Primer Inggris. Meski demikan, Barnes punya pandangan lain andai Klopp merupakan manajer berkulit warna. Kegagalan bisa saja berakibat pemecatan bagi dirinya.

“Saya menggunakan [Jurgen] Klopp sebagai contoh. Seberapa sukseskah dia dalam dua tahun pertama dengan gap 21 poin? Tapi kami yakin dia orang yang tepat,” ungkapnya kepada PlayOjo, seperti diwartakan Goal International.

“Dalam situasi yang berbeda, dia akan kehilangan pekerjaannya. Jika dia berkulit hitam, dia akan dipecat dalam dua tahun pertama itu. Jika dia orang Inggris, dia akan kehilangan pekerjaannya,” tambah pria berdarah Jamaika tersebut.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com