Mbappe Apes Betul! Tak Bikin Gol, Malah Jadi Aktor Utama Tersingkirnya Prancis
Kylian Mbappe, Foto: dok Bola.com

Mbappe Apes! Tak Bikin Gol, Malah Jadi Aktor Utama Tersingkirnya Prancis

A Hendra - June 29, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Kylian Mbappe apes  di perhelatan Piala Eropa 2020 ini. Sudah tidak ada gol, penyerang Paris Saint-Germain itu malah bikin Prancis tersingkir sedari babak 16 besar.

Kylian Mbappe digadang-gadang jadi bintang Prancis berkat performa hebatnya di level klub yang sukses mengantarkan Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018. Tak main-main, di turnamen sepakbola ter-akbar di dunia tersebut, Mbappe mampu meraih penghargaan pemain muda terbaik sekaligus jadi pemain muda terbaik FIFA.

Bukan cuma itu saja, setelah perhelatan Piala Dunia 2018, Mbappe tak berhenti menggoncang dunia sepakbola berkat aksi-aksi ciamiknya. Total ada 111 gol dan 46 assist yang berhasil ia ciptakan hanya dalam 127 penampilan bersama Paris Saint-Germain di seluruh kompetisi.

Merujuk pada hal itu, wajar kalau ekspektasi untuk Mbappe begitu tinggi saat tampil di Piala Eropa 2020 ini. Terlebih dengan skuad ‘wah’ yang dipunya Prancis, seperti N’Golo Kante, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Karim Benzema dan Raphael Varane, jelas Mbappe dinilai bakal dengan mudah mengulangi pencapain suksesnya di Piala Dunia 2018.

Tapi, kalkulasi di atas kertas itu hanyalah tinggal angka-angka saja. Sebab, penyerang 21 tahun ternyata tampil sangat mengecewakan di Euro 2020.


Baca Juga:


Prancis memang lolos sebagai juara grup, tapi mereka cuma menang sekali dan itu pun dengan skor 1-0 atas Jerman. Parahnya lagi, itu didapat lewat gol bunuh diri Mats Hummels.

Sisanya, Prancis diimbangi Hungaria dan Portugal. Pada tiga laga itu, Mbappe seolah menghilang ditelan bumi karena tak satupun gol maupun assist bisa dibuatnya.

Buruknya performa Mbappe berlanjut saat Prancis menghadapi Swiss di babak 16 besar yang dihelat di National Arena, Bukarest, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Mbappe main jelek meski diturunkan full selama 120 menit di laga yang berakhir 3-3. Dari total enam attempts yang dilepaskan, tak satupun yang berbuah gol. Hanya ada satu assist dibuatnya untuk gol yang dicetak Karim Benzema.

Puncak nasib sialnya Mbappe terjadi saat ia ditunjuk jadi penendang kelima dalam drama adu penalti. Sepakannya mudah dibaca kiper Swiss, Yann Sommer dan Prancis yang berstatus juara dunia dan jadi unggulan teratas di Euro 2020 akhirnya harus tersingkir karena kalah adu penalti 4-5.

Situasi makin buruk buat Mbappe karena dia juga jadi pemain dengan paling banyak membuang peluang emas di turnamen ini, yakni empat kali, cuma kalah dari Alvaro Morata yang buang peluang emas sebanyak enam kali. (DES)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com