Thom Haye Harapkan Energi Tambahan dari Suporter saat Lawan Irak dan Filipina
Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Marselino Ferdinan Bisa, Mengapa Oxford United Tak Rekrut Thom Haye?

Taufik Hidayat - August 21, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaThom Haye kini menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang masih berstatus tanpa klub. Mengapa Oxford United tidak mengontrak gelandang berusia 29 tahun tersebut?

Seperti diketahui, Oxford United baru saja mengumumkan perekrutan Marselino Ferdinan. Transfer ini diakui bisa terjadi karena campur tangan pemilik saham mayoritas klub, Erick Thohir dan Anindya Bakrie.

“Bergabungnya Marselino di Oxford juga berkat ide dan restu dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir, yang juga pemilik Oxford juga,” kata Anindya Bakrie.

Tanpa kekuatan orang dalam, memang sangat sulit pemain Indonesia mampu dikontrak sebuah klub Championship yang hanya satu level di bawah Premier League. Apalagi rekam jejak Marselino di Eropa bersama KMSK Deinze tak terlalu bagus.

Namun jika Marselino bisa dikontrak, kenapa Oxford United tak sekalian mendatangkan Thom Haye secara gratis juga. Penggawa Timnas Indonesia itu memilih rekam jejak yang lebih mentereng di Eropa.


Baca Juga:


Faktor usia tampak menjadi pertimbangan utamanya. Marselino yang masih berusia 19 tahun membuat Oxford United tak perlu mendaftarkannya sebagai skuad tim utama.

Jika mengacu regulasi Championship 2024/25, setiap tim peserta hanya bisa mendaftarkan 25 pemain di skuad inti. Sementara untuk pemain U-21 tak perlu didaftarkan dan jumlahnya tak terbatas.

Menurut laporan Oxford Mail, skuad tim utama Oxford United saat ini sudah berkekuatan 28 pemain. Artinya, ada tiga nama yang harus dilepas atau dipinjamkan hingga jendela transfer ditutup akhir bulan ini.

marselino ferdinan
Sumber: Oxford United

Situasinya akan menjadi lebih rumit andai Thom Haye didatangkan. Itu membuat Oxford United harus melepas empat pemainnya.

Di sisi lain, kualitas Thom Haye belum teruji untuk bertarung di liga Inggris. Perjudian ini tampaknya enggan diambil oleh manajemen Oxford United.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com