Kebut! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah di Belanda
Sumber: Instagram @erickthohir

Kebut! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah di Belanda

Muhammad Ilham - September 18, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Indonesia – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengatakan jika mereka berencana untuk mengambil sumpah kewarganegaraan calon dua pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, di Belanda.

Seperti yang diketahui, pengambilan sumpah kewarganegaraan patut dilakukan di Indonesia secara langsung. Namun, khusus Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, hal tersebut bisa dilaksanakan di Belanda.

Kebut! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah di Belanda
Sumber: Instagram @erickthohir

Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Atgas, mengatakan bahwasanya hal tersebut ia ambil karena Hilgers dan Eliano masih disibukkan dengan agenda timnya masing-masing di Belanda. Hilgers masih memperkuat FC Twente, sedangkan Eliano bermain untuk PEC Zwolle, dua tim yang tampil di Eredivisie.

Sehingga, Supratman menugaskan timnya yaitu Ditjen AHU (Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum) untuk terbang ke Belanda dan mengambil sumpah kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di Belanda.


Baca Juga:


“Berhubung karena dua calon Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan bergabung ke dalam Timnas masih berada di negara tempat mereka bermain untuk klub di Belanda. Maka, langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yaitu Ditjen AHU (Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum) untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Belanda.,” ucap Supratman dalam akun Instagram pribadinya, @supratman08.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi berita gembira bagi kita semua dan Indonesia bisa tampil di Piala Dunia yang akan datang. Kita berdoa bersama untuk Timnas Indonesia,” tambahnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

Pada Selasa (17/8) kemarin, Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah melaksanakan rapat mengenai naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Supratman, dan Sekretariat Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, juga menghadiri rapat tersebut.

Hasilnya, Komisi III dan X DPR RI setuju untuk melakukan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Selanjutnya, tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres), dilanjut sumpah WNI, baru perpindahan federasi dari Federasi Sepakbola Belanda atau KNVB ke PSSI.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com