Mikel Arteta Bicara Soal Posisi Baru Ben White di Arsenal
Mikel Arteta, Ben White, Foto: dok situs resmi Arsenal

Alasan Arteta Tarik Keluar Ben White saat Hadapi Shakhtar

Irman Maulana - October 23, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Champions – Manajer Arsenal, Mikel Arteta menjelaskan tentang keputusannya menarik keluar Ben White dalam laga antara The Gunners menghadapi Shakhtar Donetsk dini hari tadi dalam lanjutan Liga Champions musim ini.

Ben White turun sejak menit awal dan membentuk kuatret lini pertahanan Arsenal bersama William Saliba, Gabriel, dan Riccardo Calafiori. Laga melawan Shakhtar ini dimenangkan oleh Arsenal 1-0 lewat gol bunuh diri Dmytro Riznyk di menit ke-29.

Namun, komposisi pertahanan Arsenal berganti pada babak yang kedua. White ditarik lebih dulu di menit ke-46, berlanjut ketika Riccardo Calafiori yang keluar lapangan pada menit ke-72. Bedanya, Calafiori digantikan oleh Myles Lewis-Skelly karena mengalami cedera pada lututnya.

Calafiori Arsenal Shakhtar
(Pict: Getty Images via independent.co.uk)

Sementara White tampak tak mengalami masalah apapun namun harus diganti oleh Mikel Merino. Pasca laga usai, Mikel Arteta lantas coba meluruskan tentang keputusannya menarik keluar White. Ia mengaku enggan mengambil resiko lebih parah setelah White mendapat kartu kuning sejak menit ke-34.

Ia sepertinya tak mau mengulangi kesalahan yang sama ketika harus bermain dengan 10 orang saat hadapi Brentford akhir pekan kemarin. Saliba yang mendapat kartu kuning kedua dinilai jadi alasan Arsenal tumbang 0-2 oleh The Bees.


Baca Juga:


Masalah kedisiplinan The Gunners musim ini memang menjadi sorotan dari banyak pihak. Kartu merah Saliba jadi yang ketiga untuk Arsenal di Liga Inggris, walau baru berjalan selama delapan pekan saja di musim ini.

Arteta mengakui bahwa timnya itu kerap alami kesulitan saat harus tampil tanpa pemain penuh di atas lapangan hijau. Dalam lima musim terakhir tim-tim juara Liga Inggris tak pernah mendapat lebih dari tiga kartu merah pada satu edisi.

“Dengan Ben, adalah keputusan saya untuk menariknya keluar. Dia mendapat kartu kuning dan kami sudah cukup sering bermain dengan 10 pemain dalam beberapa periode terakhir,” ujar Arteta dilansir Goal.

“Sedangkan Riccy (Calafiori), dia harus keluar karena merasakan sesuatu. Saya tidak tahu sejauh mana, tetapi itu bukan kabar baik.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com