AFC Panggil Wasit asal Oman Ahmed Al Kaf Akibat Laga Indonesia vs Bahrain
Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, dalam laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain, Kamis (10/10) malam WIB. Foto: VIVAGOAL/Dimas Sembada

AFC Panggil Wasit asal Oman Ahmed Al Kaf Akibat Laga Indonesia vs Bahrain

Muhammad Ilham - October 24, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Organisasi tertinggi sepakbla Asia, AFC, dikabarkan memanggil wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, akibat gelombang protes saat kepemimpinannya di laga Timnas Indonesia melawan Timnas Bahrain.

Indonesia tidak berhasil meraih poin penuh ketika bertandang ke markas Bahrain, Bahrain National Stadium, Kamis (10/10) malam WIB, pada lanjutan grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Setelah unggul 2-1, Bahrain mampu menyamakan kedudukan di menit-menit akhir, sehingga skor menjadi 2-2.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

Bukan hanya hasil yang membuat pemain, pelatih, hingga masyarakat Indonesia kecewa. Melainkan kepemimpinan wasit asal Oman pada laga itu, yakni Ahmed Al Kaf.

Ahmed Al Kaf tidak memberhentikan waktu yang telah ditentukan. Seharusnya, pertandingan berakhir pada menit 90+6, namun Ahmed Al Kaf justru memberikan tambahan waktu tiga menit, dan akhirnya Bahrain menyeimbangkan kedudukan di menit ke-90+9.


Baca Juga:


Banyak masyarakat yang kecewa atas kejadian ini. Mereka menuntu Ahmed Al Kaf diberikan sanksi seberat-beratnya karena keputusannya merugikan Timnas Indonesia.

Namun, jurnalis asal Timur Tengah, Nahar Ibnu Qunais, melaporkan dalam Twitter-nya, @naharqunais, Selasa (22/10) yang lalu, jika AFC mendengar hal ini. AFC dikabarkan telah memanggil Ahmed Al Kaf untuk diselidiki pasca insiden yang terjadi pada pertandingan Indonesia vs Bahrain.

Selain Ahmed Al Kaf, wasit lainnya seperti Muhammad Nazmi dari Malaysia dan Abdullah Al-Jamali dari Kuwait juga dipanggil AFC.

AFC Panggil Wasit asal Oman Ahmed Al Kaf, Akibat Laga Indonesia vs Bahrain?
Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, dalam laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain, Kamis (10/10) malam WIB.
Foto: VIVAGOAL/Dimas Sembada

“Federasi Sepakbola Asia (AFC) memanggil wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, Mohamed Nazmi dari Malaysia, dan Abdullah Al-Jamali dari Kuwait, untuk investigasi setelah acara dan kesalahan serius di laga Indonesia vs Bahrain serta Al-Hilal vs Al-Ain, serta merusak protokol VAR. Berharap mereka ditangguhkan hingga akhir musim sepakbola Asia,” kata Nahar Ibnu Qunais.

Tetapi, pada laman resmi AFC, belum ada kabar soal pemanggilan wasit Ahmed Al Kaf, Nazmi, dan Al-Jamali. Sehingga, kabar ini masih sekadar rumor semata.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com