AFC Batalkan Kompetisi U-19 dan U-17, Ketum PSSI Legowo - Vivagoal.com
Pidato Ketum PSSI Membakar Semangat Pemain Timnas U-19
Sumber: Radar Bandung

AFC Batalkan Kompetisi U-19 dan U-17, Ketum PSSI Legowo

Rachmat Ramadhan - January 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia –  Kabar tidak menyenangkan datang lagi dari kompetisi sepakbola internasional. Setelah sebelumya Piala Dunia U-20 dan Piala dunia Wanita U-17 dibatalkan, kini Kompetisi AFC U-16 dan U-19 juga dibatalkan.

Kabar ini datang berdasarkan surat resmi yang diterima PSSI pada Jumat (15/1/2021) lalu. Komite AFC membatalkan kedua kompetisi terkait Pandemi Covid-19.

AFC dalam surat yang diterima PSSI menyebutkan kalau mereka akan menentukan jadwal baru untuk penyelenggaraan kompetisi yang dibatalkan tahun ini. Meski begitu, mereka masih belum menentukan waktu pasti mengenai kapan kompetisi akan digelar.

Tuan rumah akan tetap diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain untuk penyelenggaraan kedua kompetisi tersebut. PSSI menyebutkan kemungkin kompetisi akan kembali digelar pada tahun 2023.

Di tahun itu kompetisi akan digelar dengan nama baru yaitu, Piala AFC U-20 dan AFC U-17 ditambahkan dengan Asian Cup dibelakangnya. Hal ini juga dialami kompetisi AFC Champions League tahun 2021, meskipun tidak sepenuhya dibatalkan, AFC Champions League yang masih ada di babak Play off akan dilaksanakan dengan sistem sentralisasi.



Baca Juga:


Menyikapi banyaknya perubahan dalam surat keputusan AFC, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan jika mereka sangat menghormati keputusan AFC. Segala penundaan kompetisi tentu akan membuat Timnas bisa memiliki waktu cukup banyak untuk berlatih dan mempersiapkan diri.

“Kita hormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan Tim U-16 dan U-19,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

AFC merubah seluruh jadwal kompetisi internasional yang ada dibawah payungnya. Selain sepak bola pria, kompetisi sepakbola wanita pun banyak mengalami perubahan jadwal.

Kompetisi Piala AFC AFC U-20 serta U-17 Asian Cup 2022 Qualifiers yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan hingga akhir Maret 2021 dimundur ke bulan Agustus dan September 2021.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com