Asnawi Mangkualam Akui Belum Pede Main di Posisi Baru - Vivagoal.com
Agar Bisa Mainkan Asnawi Mangkualam, Begini Skema yang Akan Disiapkan Shin Tae-yong
Sumber: K-League United

Asnawi Mangkualam Akui Belum Pede Main di Posisi Baru

Heri Susanto - May 11, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Fullback asal Indonesia, Asnawi Mangkualam mengaku belum pede menjalani peran sebagai penyerang sayap dalam skema Ansan Greeners. Hal tersebut mau tak mau membuatnya harus banyak beradaptasi dengan peran barunya itu.

Sejauh ini, eks punggawa PSM sudah memainkan tiga peran berbeda saat mentas di Korea. Ia sempat menempati posisi fullback, wing back dan penyerang sayap. Utnuk pos terakhir, ia merasa masih belum nyaman memainkan perannya.

“Kalau nyaman, memang belum. Posisi di winger belum, harus adaptasi lagi di posisi baru. Harus tahu kapan naik-turun, kapan membawa bola dan kapan mengumpan. Butuh adaptasi, tidak bisa instan,” ujar Asnawi via Instagram PSSI, seperti diwartakan Goal indonesia.

Perubahan posisi sejatinya bukan hal baru bagi Asnawi. Ia memulai karir sebagai gelandang tengah dengan tipikal box-to-box. Namun kala mentas di Timnas U-19 besutan Indra Sjafri, ia mulai ditempatkan sebagai fullback kanan. Posisi tersebut pada akhirnya membuat dirinya merasa nyaman. Namun untuk bisa tampil prima di pos tersebut, banyak adaptasi yang harus ia lakukan.


Baca Juga:


“Sama seperti dahulu, dari gelandang ke bek kanan. Butuh adaptasi juga saat pertandingan, biar menyatu dengan teman-teman lain,” singkat mantan andalan PSM Makassar ini. “Saya tidak masalah dipasang di mana pun. Bagus buat saya dan bisa belajar. Dengan banyak posisi, bisa saja ‘oh, Asnawi bisa main di banyak posisi dan kita ambil’. Kalau cuma satu posisi mungkin klub mikir. Kalau bisa di banyak posisi bisa dapat klub bagus,” urainya.

Saat ini, sang pemain tengah mengalami cedera hamstring yang memaksanya harus absen mentas bersama the Green Wolves. Terdekat, ia bakal bertolak ke Uni Emirat Arab guna melakoni pemusatan latihan di Timnas pada 18 Mei mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com