Aturan Baru soal Penalti di Bundesliga Buat Kiper Semakin Kesulitan - Vivagoal.com
Aturan Baru soal Penalti di Bundesliga Buat Kiper Semakin Kesulitan
Sumber: Antara News

Aturan Baru soal Penalti di Bundesliga Buat Kiper Semakin Kesulitan

Muhammad Ilham - September 28, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBundesliga – Organisasi sepak bola Jerman atau DFB membuat peraturan baru terkait penalti. Tentu saja, aturan tersebut mempersulit kiper untuk menghalaunya.

DFB selaku otoritas tertinggi sepak bola di Jerman telah resmi meluncurkan peraturan baru. Bukannya membuat permainan semakin menarik, justru peraturan tersebut akan semakin membuat banyak pihak kesal, terutama untuk kiper.

Dilansir dari Kicker, DFB telah mengubah peraturan untuk tendangan penalti. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa wasit harus secepatnya memberikan hukuman kepada kiper yang melanggar aturan penalti yang sudah ditetapkan.


Baca Juga:


Peraturan tersebut menyebutkan jika kiper harus tetap berada di garis antara tiang gawang menghadap tiang gawang tanpa menyentuh tiangnya samping, atas, ataupun jaringnya sampai bola ditendang. Tidak hanya itu, kiper juga harus menaruh satu kaki mereka di depan atau belakang garis gawang saat penalti dilakukan.

Penderitaan kiper tidak berhenti di situ. Wasit juga harus memastikan apakah kiper bergerak terlalu cepat. Menurut DFB sendiri, peraturan ini sudah dilakukan di dua dari 17 penalti yang sudah ada di Bundesliga 2021/22.

Aturan Baru soal Penalti di Bundesliga Buat Kiper Semakin Kesulitan
Sumber: Antara News

Video Assistant Referee (VAR) pun juga harus bekerja untuk hal ini agar bisa memastikan apakah kiper bergerak terlebih dahulu apa tidak. VAR harus bekerja agar tidak ada kesalahan dalam keputusan wasit.

Peraturan ini jelas merugikan kiper yang semakin sulit untuk menangkis penalti lawannya. Padahal, tanpa peraturan pun, penalti juga sulit untuk dihentikan lantaran jaraknya sudah sangat dekat.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com