Begini Kriteria Pemain yang Dicari untuk Timnas U-16

0
595
Seleksi Timnas U-16

VivagoalLiga Indonesia Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku sudah memiliki kriteria pemain yang dicarinya. Satu diantaranya adalah pemain itu harus bisa cepat memahami visi bermain yang diberikannya.

Saat ini, ada 41 pemain yang tengah mengikuti seleksi perdana untuk skuat timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di ajang Piala AFF pada 27 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di lapangan National Youth Training Centre, Boojongsari, Depok. Rencananya, agenda seleksi ini akan berlangsung dari 13 Mei sampai 26 Mei mendatang.

 

Menurut Bima, dalam seleksi ini, para pemain sekaligus juga dilatih dengan pola-pola yang akan dipakai timnas U-16 di Piala AFF nanti. Mengingat, mereka belum pernah sekalipun dibesut oleh eks pelatih Persiba Balikpapan itu.

“Yang paling penting, selain kemampuan skill individu, para pemain juga dituntut bisa cepat beradaptasi, termasuk kerjasama dengan sesama rekan, chemistry nya bisa dapat. Terakhir visi bermain bola mereka bagaimana.” ujar Bima.

“Ini bulan puasa, dan baru latihan perdana, jadi kebanyakan baru beradaptasi, kita juga dari tim pelath sudah mengurangi materi berat untuk 34 pemain yang sedang menjalani puasa.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bima juga mengungkapkan soal sosok yang paling mencuri perhatian di latihan seleksi perdana Timnas U-16 yakni, Tristan Alif.

Sebelumnya, Tristan Alif dikenal di dunia sepakbola Indonesia karena semasa berumur 6 tahun, dia sudah ikut latihan di sejumlah akademi klub di Eropa. Satu diantaranya, ia sempat menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam.

Tristan Alif bahkan mendapat pujian dari CEO Ajax, Edwin Van der Sar yang mengatakan bahwa dia kagum dengan kemampuan olah bola Tristan yang kini sudah berusia 14 tahun.

“Dia (Alif) punya skill bagus, kerjasamanya bagus, teknik sepakbolanya mumpuni. Ya kami tinggal lihat cara dia beradaptasi dengan rekannya yang lain. Apalagi dia bisa main di tengah, bagus juga saat dimainkan di sayap kanan atau kiri.” tandas Bima.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here