Begini Pujian Guardiola untuk Xavi Hernandez

0
365
Begini Pujian Guardiola untuk Xavi Hernandez

Vivagoal Berita Bola Pep Guardiola turut menyampaikan salam perpisahan untuk Xavi Hernandez, yang baru saja memutuskan gantung sepatu dari dunia sepakbola.

Xavi, 39 tahun saat ini merumput bersama klub asal Qatar, Al Sadd SC. Ia memperkuat klub tersebut pasca meninggalkan Barcelona pada tahun 2015.

Setelah berkarier sebagai pesepakbola selama 21 tahun, Xavi akhirnya mengumumkan pensiun saat Al Sadd melakoni laga penyisihan Grup D Liga Champions Asia kontra wakil Iran, Persepolis.

 

Keputusan mundurnya Xavi dari lapangan hijau ini pun membuat keluarga besar Barcelona merasa kehilangan salah satu aset terbaiknya. Maklum, Xavi adalah salah satu jebolan terbaik akademi La Masia yang sudah mempersembahkan 25 trofi untuk Barca dan dua Piala Dunia serta 1 Piala Eropa untuk timnas Spanyol.

Guardiola sendiri yang pernah melatih Los Cules pada 2008 hingga 2012 turut memberikan penghormatan terakhir kepada Xavi. Sebagai pelatih, Guardiola merasa terbantu dengan kualitas Xavi yang menjadi motor dari skema tiki taka di masa periode kepelatihannya. Alhasil, Barca-nya Guardiola sukses merebut 14 trofi kala itu.

Baca Juga :  Peran Baru Ronaldo Dengan Skema Sarriball

“Saya pikir Xavi adalah bagian dari sejarah Barcelona dalam kurun waktu 15-20 tahun terakhir yang tidak mungkin terwujud tanpanya. Saya cuma bisa bilang terima kasih karena sudah membantu saya.” ujar Guardiola seperti dilansir dari Marca.

“Dalam beberapa kasus, Xavi selalu membantu saya memahami permainan dengan lebih baik, lihat saja dia bermain, apa yang dia sudah lakukan, caranya memimpin di lapangan, semuanya adalah contoh seorang profesional sejati di dalam maupun di luar lapangan.”

“Saya mendoakan yang terbaik untuk masa depannya. Ketika dia memutuskan pensiun, saya harap dia mau tetap di sepakbola dan melatih Barcelona khususnya, entah untuk melatih para pemain muda atau pemain profesional di lapangan.” tutup Guardiola.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here