Benarkah Sepak Bola Wanita Membosankan? - Vivagoal.com
Benarkah Sepak Bola Wanita Membosankan?
Sumber: Twitter @DFB_Team_EN

Benarkah Sepak Bola Wanita Membosankan?

Muhammad Ilham - July 12, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBerita Bola – Sepak bola adalah sebuah olahraga yang bisa dimainkan oleh siapa pun, tak terkecuali wanita. Namun, apakah benar jika sepak bola wanita lebih membosankan dibandingkan laki-laki?

Sepak bola adalah olahraga universal di mana permainan ini memang bertujuan untuk bersenang-senang. Namun, ketika permainan ini dijadikan sebuah industri, maka terdapat banyak faktor yang masuk, termasuk politik. Meskipun begitu, sepak bola memang identik dengan olahraga pria atau laki-laki.

Akan tetapi, untuk saat ini, sepak bola tidak hanya berfokus kepada satu gender saja. Wanita juga bisa memainkan olahraga sepak bola. Bahkan, UEFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di Eropa sudah menyelenggarakan turnamen Euro dan Liga Champions khusus wanita.

Meskipun sudah banyak turnamen sepak bola wanita, popularitas sepak bola wanita tidak kunjung membesar. Bayang-bayang sepak bola adalah permainan laki-laki selalui menghantui mereka. Lantas, apakah sepak bola wanita membosankan sehingga orang-orang tidak terlalu antusias?


Baca Juga:


Menurut BILD, benar adanya jika sepak bola tidak lah semenarik laki-laki. Akan tetapi, sangat tidak adil jikalau membandingkan antara sepak bola wanita dan laki-laki. Hal tersebut dikarenakan persyaratan fisik yang dibutuhkan berbeda.

Terlihat dari statistik dari sepak bola wanita di Bundesliga. Rata-rata gol yang dicetak adalah 0,4 lebih banyak dibandingkan laki-laki. Tetapi, kartu kuning yang didapatkan oleh sepak bola wanita 1,1 lebih kecil dibandingkan laki-laki. Dari statistik tersebut, sepertinya sepak bola wanita tidak benar-benar membosankan.

Meskipun beberapa gol yang ditorehkan sepak bola wanita tidak kalah bagus daripada laki-laki, eksistensi mereka tidak bisa mengejar laki-laki. Salah satu faktornya adalah uang.

Para pemain Timnas Wanita Jerman hanya mendapatkan 60 ribu euro jika mereka mendapatkan gelar UEFA Women’s Euro 2022. Berbanding terbalik jika Timnas Pria Jerman yang memenangkan Euro, masing-masing pemainnya bisa mendapatkan 400 ribu euro.

Benarkah Sepak Bola Wanita Membosankan?
Sumber: Twitter @DFB_Team_EN

Hadiah UEFA Women’s Euro 2022 hanya puncak gunung es. Jika melihat dari nilai transfer, harga transfer sepak bola wanita sangat jauh dari laki-laki. Transfer termahal dari sepak bola wanita yaitu Pernille Harder (dari VfL Wolfsburg ke Chelsea FC) hanya sebesar 350 ribu euro. Bandingkan dengan mega-transfer yang dilakukan Paris Saint-Germain (PSG) kala mendatangkan Neymar dari FC Barcelona. Neymar didatangkan dengan harga 222 juta euro.

Banyak faktor yang bisa menjelaskan mengapa sepak bola wanita kalah jauh dari laki-laki. Akan tetapi, dengan mulai banyaknya suporter yang datang ketika pertandingan sepak bola wanita, mungkin menjadi pemantik kebangkitan hal ini.

Selalu update berita bola terbaru hanya di Vivagoal.com