Bima Sakti Lecut Semangat Pemain di Final dengan Sejarah Penjajahan Indonesia - Vivagoal.com
Bima Sakti Lecut Semangat Pemain di Final dengan Sejarah Penjajahan Indonesia
Sumber: cnnindonesia.com

Bima Sakti Lecut Semangat Pemain di Final dengan Sejarah Penjajahan Indonesia

Catrine Mega - August 13, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Kemenangan Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 tentunya tak lepas dari peran Bima Sakti selaku pelatih kepala, yang bisa melecut motivasi anak asuhnya untuk menjadi juara.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu menggembleng pemain dengan semangat juang dan totalitas yang layak diapresiasi. Dalam dua pertandingan terakhir sebelum babak final, Garuda Muda harus tertinggal lebih dulu dari lawan mereka.

Sumber: bola.okezone.com

Pertandingan pertama terjadi ketika Indonesia bertemu Vietnam di fase penyihan grup. Saat itu kedua tim harus berjuang memperebutkan posisi sebagai juara grup. Indonesia sempat tertinggal 0-1 sebelum membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Kemudian di babak semifinal melawan Myanmar, Indonesia lagi-lagi harus tertinggal di babak pertama, namun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di babak kedua. Pemenang pun harus ditentukan melalui drama adu penalti dan Indonesia berhasil mengatasi krisis.


Baca juga:


Kehadiran Bima Sakti di bangku kepelatihan Indonesia pun mampu memotivasi para pemain dengan kata-katanya. Saat laga final, Bima melecut semangat para pemain dengan membawa perjuangan para pahlawan Indonesia saat masa penjajahan.

“Tadi kita bilang ke pemain, ini kesempatan enggak akan datang dua kali. Inilah kesempatan, momen untuk mengubah hidup kalian. Inilah momen perjuangan kalian buat bangsa Indonesia. Saya bilang ke mereka, bangsa Indonesia bisa merdeka bukan karena hadiah. Tapi dengan perjuangan, 350 tahun kita dijajah, kita berjuang,” ujar Bima Sakti, dilansir dari CNN Indonesia.

“Saya bilang ke mereka, para pejuang kita dulu nyawa taruhannya, kalian hanya 90 menit. Buat bangga bangsa Indonesia dan alhamdulillah mereka bisa lakukan.” (IRM)

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com