Cagliari Dukung Lukaku, Namun Tak Ingin Dicap Memiliki Fans Rasis

0
84
Cagliari Dukung Lukaku, Namun Tak Ingin Dicap Memiliki Fans Rasis

VivagoalSerie A – Cagliari secara resmi memberikan dukungan penuh terhadap striker Inter Milan, Romelu Lukaku setelah mendapat perlakukan rasis di kandang mereka. Namun demikian, mereka menolak dicap sebagai klub dengan basis fans rasis di Italia.

Insiden memalukan terjadi dalam laga yang dalam laga pekan kedua Serie A yang mempertemukan Cagliari dan Inter di Sardegna Arena pada hari Senin (2/9/2019). Dalam laga yang dimenangi Inter 2-1 tersebut, Lukaku mendapat perlakuan rasis dari tribun suporter tuan rumah ketika ia hendak mengambil eksekusi penalti.

Baca juga: Jadon Sancho Kecam Tindakan Rasisme Terhadap Lukaku

Tak pelak sikap fans Cagliari itu memantik kecaman banyak pihak. Mereka pun mendapat stereotip klub dengan basis suporter paling rasis di Italia. Hal yang ditolak mentah-mentah oleh pihak klub meski mereka siap memberi dukungan kepada Lukaku dan juga proses penanganannya.

“Klub menegaskan, sekali lagi, niat untuk melacak, mengisolasi, dan melarang individual konyol itu, yang tindakan juga sikap memalukannya menentang nilai yang Cagliari Calcio sedang promosikan dalam setiap inisiatifnya. Setiap hari,” buka pernyataan klub seperti yang dikutip dari Football Italia.

“Cagliari Calcio tak ingin meremehkan apa yang terjadi, mendukung nilai moral terhormat orang-orang dari setiap seksi stadion, namun dengan tegas menolak tuduhan berlebihan dan stereotip konyol yang ditujukan kepada fans Cagliari serta rakyat Sardinia, yang sama sekali tak dapat kami terima,” lanjutnya.

“Dukungan penuh kami ditujukan untuk Romelu Lukaku dan lebih kuat lagi kepada komitmen terhadap memusnahkan salah satu wabah yang mempengaruhi sepak bola Italia serta dunia secara umum,” tandasnya.

Fans Cagliari memang dikenal cukup sering melakukan aksi rasis terhadap para pemain lawan. Sebelumnya mereka pernah melakukan tindakan serupa pada dua penggawa Juventus, Moise Kean dan Blaise Matuidi.

Baca juga: Di Inggris, Lukaku Seperti Tak Dihargai, Benarkah?

Publik tentu masih mengingat bagaimana Kean yang kini hijrah ke Everton itu tak kuasa menahan amarah setelah selama pertandingan terus mendapat ejekan rasis. Ia pun kemudian melakukan selebrasi di hadapan fans Cagliari yang kian membuat situasi memanas.

Selalu update berita bola terkini seputar Serie A hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here