Cetak Sejarah! Swiss Ulang Rekor 67 Tahun Silam - Vivagoal.com
Swiss secara mengejutkan menghentikan langkah Timnas Prancis yang notabene unggulan di Euro 2020 di babak 16 besar.
Foto: Twitter/Euro2020

Cetak Sejarah! Swiss Ulang Rekor 67 Tahun Silam

Dimas Sembada - June 29, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Swiss secara mengejutkan menghentikan langkah Timnas Prancis yang notabene unggulan di Euro 2020 di babak 16 besar. Melaju ke perempat final, Swiss mengulangi kesuksesan 67 tahun silam. 

Swiss menang 5-4 lewat drama adu penalti pada Selasa (29/6) dini hari.  Kiper Yann Sommer jadi pahlawan dengan menahan sepakan Kylian Mbapee –  algojo terakhir Prancis di babak adu penalti.

Usai pertandingan, Sommer seolah tak percaya bisa membantu negaranya terus melaju jauh di Euro 2020. Pasalnya, pertandingan berlangsung dramatis dimana Hugo Lloris sempat mematahkan penalti Swiss dan mereka harus tertinggal dua gol terlebih dahulu.

“Pertandingan yang luar biasa! Malam yang luar biasa! Ini adalah kesempatan kami untuk akhirnya lolos ke babak 16 besar karena kami tidak pernah berhasil sebelumnya.

“Luar biasa – kami bermain dengan hati dan karakter, situasi yang sangat sulit bagi kami setelah penalti gagal. Saya sangat bangga dengan tim, bagaimana mereka kembali. Kami selalu percaya,”kata Sommer dikutip dari laman resmi UEFA.

Ulang Sejarah

Kesuksesan Swiss melaju ke perempat final sekaligus menjadi sejarah tersendiri. Pasalnya Swiss belum pernah mencapai perempat final di turnamen besar sejak menjadi tuan rumah Piala Dunia 1954.

Bukan cuma itu, mereka juga mengakhiri rentetan tiga kali tersingkir berturut-turut di babak 16 besar. Di mana kali ini kutukan itu terhenti usai mereka mengandaskan Prancis.

Kapten Swiss, Granit Xhaka bangga bisa mengantarkan negaranya berbicara banyak di Euro 2020. Meski akan ditantang Spanyol di perempat final, dia percaya, hasil positif akan datang.


Baca Juga: 


“Luar biasa. Kami membuat sejarah malam ini dan kami semua sangat bangga. Kami menulis sejarah negara sepakbola ini.

“Sekarang kami akan berhadapan denganSpanyol di perempat final. Ini akan sulit, tetapi kami bermimpi sekarang,” jelas Xhaka.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com