Comeback! Inilah Rahasia Perjuangan PSM Masuk Semifinal

0
278
Comeback! Inilah Rahasia Perjuangan PSM Masuk Semifinal

Vivagoal Liga Indonesia – PSM Makassar menang 3-2 secara dramatis atas tamunya Home United di matchday kelima Piala AFC kemarin. Tiga gol Juku Eja dicetak setelah tertinggal dua gol dari tim tamu.

Ketiga gol yang dicetak PSM Makassar tersebut tak lepas dari proses pergantian yang dilakukan Darije Kalezic sebagai respons atas ketiggalan dua gol dari Home United. Saat itu, ia memasukkan M. Rahmat, Rizky Pellu, dan Saldi.

Terkait itu, Darije Kalezic menjelaskan bahwa ia sengaja menyimpan beberapa pemain intinya, termasuk Pellu dan Rahmat dengan alasan kelelahan. Benar saja taktik itu berhasil mengubah permainan Juku Eja menjadi lebih variatif sekaligus mampu mencetak tiga gol dalam kurun waktu 20 menit.

 

[irp]

“Tiga pergantian pemain yang kami lakukan mengubah permainan. Kalian juga bisa melihat pastinya bahwa PSM bisa mencetak 3 gol dalam 20 menit terakhir,” ujarnya, Selasa (30/04/19).

Adapun hal lain yang mebuat Darije tidak menurunkan Rahmat dan Pellu sejak menit adalah faktor fisik. Maklum saja, pada tanggal 27 April lalu, PSM juga bermain melawan Bhayangkara FC dalam ajang Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

“Tiga 3 hari kami main di atas lapangan yang kondisinya sangat buruk, dan beberapa pemain cukup lelah untuk memulai main dari awal. Makanya kami lakukan perubahan sedikit,” ujarnya.

Dalam starting line up PSM Makassar melawan Home United kemarin, Darije memang mengubah sedikit formasi pakemnya.

Di mana selama ini, posisi gelandang kerap diisi oleh Pellu, mendadak diberikan kepada Asnawi Mangkualam. Sementara untuk posisi sayap, yang selama ini dihuni M Rahmat, juga pada laga kemarin dipercayakan kepada M. Arfan.

Dua penggawa Timnas Indonesia itu, Pellu dan Rahmat baru dimasukkan menjelang babak kedua berakhir. Dan benar saja, sejak keduanya masuk PSM makin garang membombardir pertahanan Home United. Selain keduanya, ada juga Saldi. Winger muda ini, menurut Darije memberikan kontribusi positif ke dalam tim.

“Jadi mereka (Pellu dan Rahmat) bugar untuk meledak dalam 30 menit saat mereka bermain. Selain itu, saya senang juga bahwa, Saldi memberikan kontribusi untuk mengubah permainan,” ujarnya.

Selalu update berita terbaru seputar dunia sepakbola hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here