Diduga Curang Dalam Rekrut Pemain Muda, Chelsea Terancam Sanksi Berat FIFA - Vivagoal.com
Liga Inggris; Chelsea Terancam Kena Sanski Dari FIFA

Diduga Curang Dalam Rekrut Pemain Muda, Chelsea Terancam Sanksi Berat FIFA

Fido Moniaga - November 16, 2018
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Tim papan atas Liga Primer Inggris, Chelsea terancam sanksi embargo transfer pemain selama dua tahun. Hal ini setelah FIFA mencium adanya pelanggaran yang dilakuakn Chelsea terkait kontrak pemain muda mereka.

Dalam satu dekade terakhir Chelsea memang terus mengalami perkembangan cukup pesat. Kemampuan mereka dalam mengelola tim dan juga keberadaan Roman Abramovich untuk memberi dana segar membuat semua berjalan cukup seimbang.

Tidak hanya perkara mendatangkan para pemain bintang, namun Chelsea kini mulai mempersiapkan diri jauh lebih baik dengan merekrut para pemain muda untuk mengisi akademi mereka.

[irp]

Hanya saja langkah yang mereka lakukan untuk mendatangkan pemain muda sepertinya menemui masalah serius. Fox Sport melaporkan jika Chelsea didakwa telah melakukan pelanggaran dalam hal perekrutan pemain muda non-Inggris.

FIFA dikabarkan mulai mencium adanya kecurangan yang dilakukan oleh Chelsea kala mereka merekrut Bertrand Traore dari Auxerre pada 2014. Chelsea kala itu mengontrak sang pemain tepat pada ulang tahunnya yang ke-18. Namun FIFA menduga jika sang pemain sudah pernah bermain untuk Chelsea U-18 saat usianya masih 16 tahun.

Tidak hanya itu saja salah satu media Prancis, Mediapart mengungkap jika penulusuran FIFA atas kasus pelanggaran tersebut berbuntut dengan ditemukannya 14 kasus lain dengan masalah serupa.

Untuk saat ini FIFA tengah menyelidiki kasus dakwaan tersebut. Andai hal tersebut benar terjadi maka Chelsea tengah dihadapkan dengan sanksi berat dimana mereka bisa menerima sanksi embargo pemain empat bursa transfer atau dua tahun transfer pemain baik di level senior maupun junior.

Terkait kabar tersebut pihak Chelsea mengaku akan kooperatif dengan pihak FIFA. Mereka mengaku jika semua berkas yang diperlukan akan mereka berikan guna kepentingan bersama.

“Sepenuhnya kami akan bekerja sama dengan FIFA dengan memberikan bukti yang komprehensif sebagai bentuk kepatuhan kami terhadap aturan yang berlaku di FIFA,” demikian keterangan resmi Chesea, seperti dikutip Mirror.

FIFA terkenal sangat tegas terkait prekrutan pemain muda. Mereka yang terbukti melakukan prekrutan secara illegal selalu menerima sanksi berat meski memiliki reputasi besar seperti yang dialami oleh Real Madrid, Barcelona serta Atletico Madrid.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com