FIFA Siap Saingi UEFA National League Dengan Mini World Cup

0
772
FIFA Siap Saingi UEFA National League Dengan Mini World Cup

Vivagoal – Kabar cukup mengejutkan datang dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang tengah mempertimbangkan untuk membuat turnamen akbar Mini World Cup yang akan meniru forma UEFA Nations League (UNL). Selain itu mereka juga dikabarkan akan mengembangkan format kompetisi FIFA Club World Cup.

Rencana di atas dikabarkan akan menjadi topic diskusi utama pada pertemuan di Kigali, Rwanda akhir pekan ini. Banyak pihak menilai jika usulan tersebut merupakan langkah FIFA untuk menyaingi kompetisi yang sudah dijalankan oleh UEFA terkait UEFA Nations League yang sudah berjalan beberapa lama.

Rencananya kompetisi bertajuk Mini World Cup itu akan melibatkan delapan tim internasional dan bermain setiap dua tahun sekali sebagai tambahan dari ajang yang sudah ada.

Turnamen ini akan dikenal dengan ‘Final 8’ dimana merupakan klimaks dari kompetisi Nations League yang berlangsung setiap Oktober dan November setiap tahun ganjil dimulai pada 2021. Secara tidak langsung kompetisi ini akan membuat Piala Konfederasi dihapuskan.

Selain itu Club World Cup alias Piala Dunia antar Klub juga akan mengalami pengembangan yang cukup signifikan. Sebut saja pada perubahannya nanti aka ada tim peserta yang jauh lebih banyak ketimbang saat ini berlangsung yakni tujuh tim dari masing-masing benua di dunia.

Rencananya FIFA akan menambah total peserta menjadi 24 tim dengan penjabaran sebagian besar diikuti oleh tim-tim Liga Primer Inggris seperti Manchester United dan Liverpool berikut dengan wakil-wakil liga top Eropa lain dengan sisanya akan diikuti oleh tim-tim dari Asia dan Amerika.

Usulan tersebut langsung mendapat kritik keras dari banyak pihak termasuk presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Ceferin menuding FIFA ingin membuat kompetisi yang bertujuan untuk mengeruk uang. Menurutnya, kompetisi itu adalah cara kejam dan jahat untuk meraup pundi-pundi uang bahkan Ceferin menuding FIFA telah melukai sepak bola.

Turnamen ini berpotensi sangat menguntungkan untuk FIFA. Berbeda dengan UNL, yang menurut Infantino telah didukung dengan banyak investor besar.  Selain itu ia menegaskan jika semua usualan tersebut mengganggu kalender internasional yang sudah dirancang untuk beberapa tahun ke depan.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here