Inilah Mimpi Garuda Pertiwi di Piala Dunia Wanita!

0
352
Inilah Mimpi Garuda Pertiwi di Piala Dunia Wanita!

VivagoalLiga Indonesia – Bilamana membahas tentang sepak bola dan Piala Dunia, mungkin orang-orang berpikir hanya sebatas sebelas pria yang bertanding, yang tujuannya untuk meningkatkan reputasi klub atau mengharumkan nama negaranya dan memenangkan piala.

Akan tetapi, tidak sebatas itu. Saat ini, sepak bola tak hanya dimainkan seorang pria saja, namun wanita pun juga ikut memainkan olahraga nomor satu yang digemari oleh orang-orang di seluruh dunia ini.

Memang mungkin terlihat aneh juga saat wanita bermain sepak bola karena olahraga ini lebih cenderung dimainkan oleh kaum adam.

Pertandingan sepak bola wanita memang jarang peminatnya di negeri ini. Berbeda dengan di belahan bumi lainnya, seperti liga wanita di Argentina yang sukses menjual lebih dari 750 ribu tiket di 9 kota penyelenggara, atau pertandingan antara Juventus kontra Fiorentina yang berhasil memecahkan rekor penonton sepak bola wanita di Italia.

Contohnya saja, pada pertandingan Piala Dunia Wanita ketika Amerika Serikat melibas habis Thailand 13-0, Selasa (11/6), beritanya juga tidak seheboh ketika juara bertahan Piala Dunia Pria 2014, Jerman, yang gagal lolos ke babak 16 besar di Rusia 2018 lalu.

Akan tetapi, bagaimana dengan timnas Wanita Indonesia atau Timnas Pertiwi? Antusiasme masyarakat di sini masih belum seperti di negara-negara lainnya. Ini dimungkinkan karena faktor minim prestasi yang menjadikan masyarakat enggan menyaksikan Garuda Pertiwi (julukan timnas Wanita) bertanding di kancah apapun.

Bila bisa diibaratkan, Garuda Pertiwi ini masih dalam proses untuk terus mengasah sayapnya agar bisa terbang tinggi. Terlihat ketika PSSI membuat kabar gembira bahwa Liga 1 Wanita akan digelar September 2019. Tidak hanya itu, PSSI juga sedang serius telah menyiapkan skuat untuk mengarungi Piala AFF Wanita 2019 yang berlangsung di Thailand pada Agustus mendatang.

Sebetulnya jika mengikuti perkembangan Garuda Pertiwi, banyak wonderkid hebat yang bisa jadi nantinya akan bersinar, seperti Zahra Muzdalifah, Dhanielle Daphne, Shalika Aurelia, Portia Fischer, Ade Mustika, Safira Ika Putri, dan masih banyak lainnya.

Ada juga salah satu pilar Garuda Pertiwi, Safira Ika Putri, pernah ditanya mimpinya di sepak bola. Ia berharap suatu saat nanti tim nasional yang menempati posisi 86 (ranking sementara FIFA) itu ikut serta di kancah internasional.

“Kalau harapan saya bisa main di internasional, dan bawa Indonesia di Piala Dunia,” ujar bek sayap berusia 16 tahun tersebut.

Saat berpuluh-puluh tahun terlewati, Timnas Indonesia masih saja selalu bermimpi memiliki tim sepak bola yang disegani di seluruh dunia. Walau apapun labelnya, Garuda Nusantara, Garuda Muda, ataupun Garuda Pertiwi.

Untuk sebagian pencinta sepak bola Indonesia, berbicara di tingkat dunia itu seakan menjadi mimpi buruk yang selalu berulang.

Nyatanya, masalah internal di federasi yang seolah-olah sudah menjadi kebiasaan, atau liga dan regulasi amburadul yang menjadi makanan sehari-hari bagi pengurus PSSI ini. Akan tetapi, itu semua takkan membuat penggemar timnas berpaling.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here