Kasus Covid-19 Menigkat, Laga Aston Villa vs Newcastle Ditunda
Covid-19-Liga-Premier
Foto: GettyImages

Kasus Covid-19 Menigkat, Laga Aston Villa vs Newcastle Ditunda

Arie Lihardo - December 2, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Pertandingan Aston Villa vs Newcastle United harus ditunda karena peningkatan signifikan kasus Covid-19 di mana rencananya bakal berlangsung pada Sabtu (5/12) dini hari WIB, di stadion Villa Park, dalam laga pekan ke-11 Liga Inggris 2020-2021.

“Setelah pertemuan Dewan Liga Premier hari ini (1/12), pertandingan Newcastle United di Aston Villa telah ditunda,” kata pihak Premier League dalam keterangan resminya.

Mereka menjelaskan, Newcastle telah mengajukan permintaan ke Liga Premier untuk mengatur ulang pertandangan tersebut menyusul peningkatan signifikan terhadap kasus positif Covid-19 di tubuh The Magpies.

Akibatnya, lembaga kesehatan Public Health England North East (PHE) memberi tahu bahwa fasilitas pelatihan mereka ditutup. Sebagai konsekuensinya, Newcastle tidak dapat berlatih secara memadai dan aman dalam mempersiapkan pertandingan mereka melawan Villans, Dewan Liga Premier pun setuju.

“Keputusan diambil setelah berkonsultasi dengan Newcastle United dan Aston Villa, juga pasca diskusi ekstensif dengan PHE dan penasihat medis Liga Premier, mengingat kesehatan pemain dan staf merupakan prioritas,” ungkap otoritas Liga Inggris.


Baca Juga:

Dalam pernyataaan pihak Newcastle, diterangkan bahwa Beberapa pemain dan anggota staf mereka sekarang mengisolasi diri di rumah setelah mendapatkan hasil tes positif dalam beberapa hari terakhir.

“Dengan begitu, kami saat ini tidak dapat mempersiapkan pertandingan sebagaimana mestinya. Kami mengajukan permintaan kepada Liga Premier untuk menunda pertandingan di Villa Park. Permintaan itu akhirnya telah disetujui oleh dewan Liga Premier,” imbuh keterangan resminya.

Sekarang, pihak klub telah bekerja dengan PHE, otoritas kesehatan lokal, dan Liga Premier untuk menerapkan protokol Covid-19 dan mengidentifikasi sumber wabah, termasuk menilai risiko penularan lebih lanjut agar bisa diminimalisirkan.

Kendati demikian, tidak disebutkan lebih jauh siapa saja pemain mereka yang terdampak. Mereka beralasan ingin menjaga privasi para pemainnya.

Pihak Aston Villa pun setuju atas penundaan laga yang bakal berlangsung di markas mereka, dan berharap para pemain dan staf Newcastle bisa segera pulih agar pertarungan dapat dilaksanakan.

“Kami ingin berterima kasih kepada dewan Premier League dan Newcastle United atas komunikasi komprehensif dan transparansi mereka selama proses yang menghasilkan keputusan penundaan pertandingan. Semua orang di Aston Villa mendoakan pemulihan yang cepat bagi semua orang di Newcastle United yang terjangkit Covid-19,” demikian pernyataan resmi Aston Villa.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com