Keputusan Retribusi Hak Siar Merugikan Klub Top, Begini Kata CEO Dortmund dan Leverkusen - Vivagoal.com
Keputusan Retribusi Hak Siar Merugikan Klub Top, Begini Kata CEO Dortmund dan Leverkusen
Sumber: Bavarian Football Works

Keputusan Retribusi Hak Siar Merugikan Klub Top, Begini Kata CEO Dortmund dan Leverkusen

Fido Moniaga - December 10, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Bundesliga – Federasi sepakbola Jerman mengumumkan model pembagian pendapatan hak siar yang dinilai lebih progresif dua hari yang lalu. Hal ini menjadi perhatian dan menimbulkan pro kontra bagi beberapa klub di Bundesliga. 

Klub-klub jerman terbagi menjadi dua kubu, pihak pro lebih banyak diisi oleh klub-klub kecil, perubahan regulasi ini memang lebih menguntungkan klub kecil yang mendapatkan retribusi pendapatan hak siar yang lebih seimbang dengan beberapa klub top Bundesliga.

Banyak klub besar Bundesliga menganggap bahwa hal ini adalah penghinaan yang radikal, beberapa klub menentang lobi yang dilakukan 14 tim tersebut. CEO Bayern membentuk blok bersama 15 tim dan mengadakan pertemuan di Frankfurt dalam upaya menunjukan bahwa ada pihak yang kontra dengan keputusan ini.

Sementara selain dari 14 tim yang terdiri dari sepuluh tim Bundesliga dua dan empat divisi utama Bundesliga telah mengajukan lobi, keputusan retribusi yang lebih adil untuk hak siar juga sering diserukan oleh kelompok suporter. Kritik suporter terhadap konfederasi sering tertulis dalam bendera dan spandung di dalam stadion, dalam protes disebutkan DFB menciptakan pengelompokan dan sistem kelas atas dan bawah di Bundesliga.

Bulinews menuliskan bahwa berdasarkan penelitian, bahwa regulasi ini nantinya akan sangat menguntungkan klub-klub kecil. Hal ini akan menjadi pukulan besar bagi klub besar jerman, namun di sisi lain dengan regulasi empat pilar tentu membuat penggemar akan sedikit merasa suara mereka lebih didengar.



Baca Juga:



Majalah
Kickers mengumpulkan beberapa pendapat pejabat beberapa tim. Beberapa tim kecil sangat mendukung hal ini, menurut mereka tentu akan sedikit merugikan tim besar Bundesliga, namun ada beberapa suara yang menanggapi ini dengan positif, atas nama solidaritas apalagi saat ini korona membuat dunia sepakbola semakin rumit. Kerugian itu tidak akan membuat mereka tenggelam. 

CEO Bayer Leverkusen, Fernando Carro mengatakan bahwa ini merupakan hal baik dan keputusan paling masuk akal untuk saat ini. 

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada komite eksekutif DFL atas pengembangan model distribusi pendapatan baru ini. Kita harus mempertimbangkan banyak kepentingan dan menggabungkannya. Secara keseluruhan, komite berhasil dengan sangat baik dalam mencapai hal ini dengan membuat sejumlah penyesuaian yang kreatif dan masuk akal. Saya mengatakan ini meskipun perubahan yang akan datang belum tentu menguntungkan Bayer 04.” Ungkap Carro dikutip dari Kickers.

Sementara di sisi lain, CEO Dortmund, Hans Joachim Watzke mengakui kalau keputusan ini akan sangat memberatkan tim top Bundesliga. Ia menghargai keputusan federasi sebagai mediator bagi seluruh kepentingan klub.

“Keputusan komite eksekutif DFL merupakan kompromi yang menyakitkan bagi klub-klub top. Namun, dengan latar belakang pandemi COVID-19, alasan berbasis solidaritas membuat keputusan ini tidak dapat dihindari dan benar. Sepanjang proses keseluruhan, sebagian besar klub di Bundesliga pertama dan kedua telah berjalan dengan cara yang kooperatif dan adil. Terima kasih saya kepada petugas komite karena dengan berani melayani sebagai mediator dan menjadi perantara kompromi dalam berbagai kepentingan semua klub.” sambung Hans.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com