Klub-klub Liga Primer Inggris Catatkan Pendapatan Keuntungan Terbesar di Eropa

0
606
Klub-klub Liga Primer Inggris Catatkan Pendapatan Keuntungan Terbesar di Eropa

VivagoalLiga Inggris – UEFA melalui laporan benchmark tahunannya merilis catatan periode 2017 di mana klub-klub Premier League berhasil menempati daftar teratas dalam hal perolehan keuntungan.

Laporan benchmark UEFA sendiri merupakan pandangan komprehensif konfederasi terkait situasi keuangan setiap liga dari asosiasi yang bernaung di bawah bendera UEFA, yang tentunya melibatkan klub-klub di negara-negara seluruh Eropa. Laporan ini mencakup berbagai aspek keuangan, seperti halnya aktivitas serta nilai transfer, pendapatan untuk klub dan serta liga, investasi, kepemilikan stadion, hak siar dan sebagainya.

Survei serta laporan itu sendiri dibuat guna membuat transparansi keuangan masing-masing liga di Eropa. Dengan penghitungan yang ada tersebut setiap klub, liga serta UEFA sendiri bisa terus memantau perkembangan kompetisi-kompetisi di sana.

Setelah melakukan survei, UEFA akhirnya menetapkan Liga Primer Inggris menjadi liga dengan keuntungan terbesar di Eropa mencapai 5,3 miliar euro. Angka tersebut sangat jauh dibandingkan dengan La Liga 2,9 miliar euro.

Bundesliga Jerman berada di peringkat ketiga perihal keuntungan klub dan liga yakni sebesar 2,8 miliar euro. Serie A perlahan mulai bangkit dengan menempati urutan keempat dengan total keuntungan 2,2 miliar euro. Terakhir Ligue 1 melengkapi lima liga top Eropa dengan 1,6 miliar euro.

Pada rilis tersebut UEFA juga merilis beban gaji, total pendapatan, nilai tiap skuat, dan hutang klub. Klub-klub sekelas Manchester United, Real Madrid, Liverpool sampai AC Milan dipastikan ada di daftar tersebut.

Menariknya, Premier League terbilang memiliki pengeluaran terutama untuk gaji pemain yang cukup besar teruntuk klub-klub papan tengah hingga bawah. Tercatat mereka harus mengeluarkan biaya sebesar 98 juta euro untuk menggaji para pemain, angka jauh lebih besar tentu perlu dikeluarkan oleh para klub papan atas.

Pada catatan tersebut juga ditemukan fakta di mana pengeluaran transfer pemain antara periode 2014-2017 mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Meski terbilang besar, namun untuk jumlah pemain yang didatangkan tak sebanyak dengan liga lain.

Dari total semua liga di negara-negara UEFA, EPL tercatat menyumbang 26 persen dari total pengeluaran transfer secara menyeluruh dalam satu dekade terakhir.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola liga Eropa hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here