Lawan Rasisme, Sterling: Saya Bangga Berkulit Hitam!

0
252
Raheem Sterling

VivagoalLiga Inggris – Belakangan aksi rasisme dan perlawanannya tengah santer menjadi pembicaraan. Salah satu pemain yang kerap menjadi sasaran dan dengan lantang berani melawan adalah Raheem Sterling.

Nama Sterling sendiri mendapat banyak pujian setelah keberaniannya menuding balik para media yang memojokkan para pemain berkulit hitam dalam pemberitaan yang mereka muat. Ia juga berani meminta secara terbuka pada UEFA untuk memberi hukuman berat pada Montenegro setelah fans mereka melecehkan para pemain Inggris pada kualifikasi Euro 2020 beberapa waktu lalu. Berkat penuturannya tersebut, banyak pemain berkulit hitam yang kerap menjadi sasaran rasial pendukung lawan bersuara. Sterling pun dianggap sebagai pelopor perlawanan rasisme di Inggris dan juga Eropa.

[irp]

Meski demikian Sterling enggan menyebut dirinya sebagai seorang pelopor perlawanan rasial di dunia sepakbola. Ia mengaku hanya menyuarakan pengalaman buruknya yang mungkin juga pernah dialami oleh para pemain lainnya. “Saya tidak berpikir saya mencoba membuat perbedaan atau sedang melakukan itu. Ini adalah soal berbicara tentang apa yang anda hadapi dan beberapa orang sebelum saya mungkin terlalu malu melakukannya,” kata Sterling dikutip dari Sky Sports.

“Saya adalah manusia yang ketika saya merasakan sesuatu yang salah, saya ingin bicara soal itu supaya orang-orang bisa melihatnya dari perspektif saya. Saya kira itulah cara terbaik untuk berkembang. Semakin banyak pemain yang berbicara akan semakin bagus.”

Lebih lanjut ia tak begitu setuju dengan usulan pemain menginggalkan lapangan ketika mendapat pelecehan rasial. Ia menyebut para pemain harus tetap bangga dengan warna kulit yang dimiliki dan juga membungkam mulut mereka dengan kemenangan.

“Saya secara pribadi tidak setuju dengan itu [usulan meninggalkan pertandingan]. Memenangkan pertandingan akan lebih menyakiti mereka, sebab mereka hanya berusaha menjatuhkan anda. Jika anda pergi, mereka menang, mencetak gol atau memenangkan pertandingan akan lebih baik,” tegas Sterling.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here