Legenda Timnas Indonesia Ungkap Standar Kompetesi yang Baik - Vivagoal.com
Legenda Timnas Indonesia Ungkap Standar Kompetesi yang Baik
Sumber: skor

Legenda Timnas Indonesia Ungkap Standar Kompetesi yang Baik

Muhammad Ilham - February 23, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Indonesia – Direktur Akademi Borneo FC, Firman Utina, punya pandangan tersendiri terkait dengan standar kompetisi yang baik.

Menurut Firman Utina keberadaan kompetisi yang baik harus dimulai dari pembinaan usia muda.  Seperti diketahui, pembinaan usia muda masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan di persepakbolaan Tanah Air hingga saat ini.

Sebab, di Indonesia masih sering terjadi bakat pemain muda potensial tak berkembang karena tidak adanya wadah yang konsisten. Mantan gelandang timnas Indonesia itu menjelaskan bahwa pembinaan usia muda yang berkualitas didapat dari tiga faktor, yaitu sekolah sepak bola yang baik, pelatih tim usia muda yang baik, dan komeptisi usia muda yang baik pula.


Baca Juga:


Menurut Firman Utina, kompetisi usia muda yang baik adalah kompetisi yang berjalan secara sistematis, berjenjang, dan berkelanjutan. Adapun berjenjang di sini artinya sistem kompetisi yang berkelanjutan menjadi profesi seorang pesepak bola.

Legenda Timnas Indonesia Ungkap Standar Kompetesi yang Baik
Sumber: borneo fc

Sedangkan berkelanjutan adalah membentuk pemain untuk bisa berkembang menjadi profesi seorang pesepak bola. Sementara itu, Borneo FC sendiri memiliki kompetisi usia muda yang bernama Liga Borneo FC.

Kompetisi itu digunakan sebagai jembatan antara pembinaan junior dan senior serta jadi ajang pencarian bakat para pemain muda potensial. Dengan adanya Liga Borneo, diharapkan bisa mengantarkan seorang pemain menjadi berkualitas dan masuk ke tim mulai dari Suratin, Elite Pro, tim utama, sampai ke tim nasional. Dengan makin banyaknya pemain berkualitas, tentunya akan beriringan dengan kompetisi yang baik pula. (ARI)

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com